Text
Manajemen Peningkatan Kualitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahfidz Darul Ulum Desa Potoan Daya Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAKSI
Taufiqur Rahman, “Manajemen Peningkatan Kualitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahfidz Darul Ulum Desa Potoan Daya Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan” Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Fathol Haliq, M.Si
Kata Kunci : Manajemen kepemimpinan kepala sekolah, peningkatan kualitas belajar siswa
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini. 1) Bagaimana pelaksanaan manajemen kepemimpinan kepala sekolah pada peningkatan kualitas belajar siswa di SMP Tahfidz Darul Ulum Desa Potoan Daya Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?, 2) Bagaimana hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan manajemen kepemimpinan kepala sekolah pada peningkatan kualitas belajar siswa di SMP Tahfidz Darul Ulum Desa Potoan Daya Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Bagaimana manajemen kepemimpinan kepala sekolah pada peningkatan kualitas belajar siswa di SMP Tahfidz Darul Ulum Desa Potoan Daya Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, 2) Hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan manajemen kepemimpinan kepala sekolah pada peningkatan kualitas belajar siswa di SMP Tahfidz Darul Ulum Desa Potoan Daya Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, siswa,, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah ceking,data, editing, coding, sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,uraian rinci dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan, 1) Kemampuan kepala sekolah dalam memimpin di SMP Tahfidz Darul Ulum Desa Potoan Daya Kecamatan Palenga’an Kabupaten Pamekasan adalah dengan pembagian kerja (Job Diskription) melalui , (a) planning (perencanaan), (b) organizing (pengorganisasian), (c) leading (kepemimpinan), dan (d) controling (pengawasan) terhadap peningkatan kualitas belajar siswa yang meliputi; aspek domain kognitif, domain afektif, dan domain psikomotorik serta pertanggung jawaban kerja dengan tujuan agar sama-sama mempunyai rasa memiliki sepenuhnya terhadap lembaga, 2) Hambatan manajemen kepemimpinan kepala sekolah pada peningkatan kualitas belajar siswa di SMP Tahfidz Darul Ulum dapat di asumsikan masih ada beberapa kendala atau hambatan yaitu,(a) kurangnya sarana dan prasarana, (b) kesulitan koordinasi, tidak memahami peran dan tanggung jawab, (c) pemikiran kelompok.
Tidak tersedia versi lain