Text
Optimalisasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Kelas Akselerasi Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Mohammad Munawir, 2014. Optimalisasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Kelas Akselerasi Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dr. Abd, Mukhid, M. Pd.
Kata Kunci: Profesioanlisme guru, Pembelajaran kelas akselerasi
Ada tiga (3) permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana implementasi profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Kedua, apa kendala-kendala dalam optimalsiasai profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Ketiga upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam optimalsiasai profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana implementasi profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. (2) apa kendala-kendala dalam optimalsiasai profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. (3) upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam optimalsiasai profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kepala Madrasah dan guru MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan pakong kabupaten Pamekasan. Sumber data sekunder adalah siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan adalah. (a) Mengarah pada tanggung jawab dalm meleksanakan tugas, komitmen, dan kerjasama dalam tim serta meningkatkan kompetensi. (b) Menyiapkan perangkat berupa silabus dan RPP dan meningkatkan pemahaman materi ajarnya. (c) Dengan menerapkan PAIKEM melalui berbagai macam metode pembelajaran sesuai dengan materi pelajaran, SK dan KD. (d) Dengan mengacu 4 (empat) pilar pendidikan yang diterapkan pada siswa, salah satu dari ke empat pilar itu yakni pertama “learning to know” (belajar untuk mengetahui), (f) Penguasaan terhadap keterampilan pengelolaan kelas (g) Penguasaan terhadap Informasi Tehnologi (IT) atau mampu mengoprasionalkan Komputer. (2) Kendala-kendala Dalam Optimalisasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Kelas Akselerasi Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, diantaranya bagi guru (a) Perubahan Kurikulum Madrasah 2013 (b) Refrensi atau buku-buku pengetahuan yang mendukung.dan Bagi Siswa (c) Berkurangnya interaksi sosial anak terhdap teman sebaya. (3) Upaya mengatasi Kendala-kendala Dalam Optimalisasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Kelas Akselerasi Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan bagi guru (a) Program pemberdayaan Musyawaarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). (b) Mengadakan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi gurudan Trainig Kurikulum Madrasah 2013 (c) Melengkapi refrensi atau buku-buku pengetahuan yang mendukung. Dan bagi siswa (a) Mengadakan program wisata dan lomba antarkelas serta pendampingan bagi siswa akselerasi.
.
Tidak tersedia versi lain