Text
Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Guru Di Mi Sabilur Rosyad Dusun Karang Mimba Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
JUWAIRIYAH 2014, “ Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Guru Di Mi Sabilur Rosyad Dusun Karang Mimba Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan” Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Achmad Muhlis, M.A
Kata Kunci :. Peningkatan, mutu, Guru
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian skripsi ini, pertama, bentuk strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan mutu guru di MI Sabilur Rosyad, kedua, hasil strategi yang di lakukan kepala sekolah dalam peningkatan mutu guru di di MI Sabilur Rosyad.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu kegiatan yang meliputi pengumpulan data dalam rangka menjawab pertanyaan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Analisis datanya yang di gunakan adalah, cheking (pengecekan), organizing (pengelompokan), coding (pemberian code).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada beberapa bentuk strategi yang dilakukan kepala sekolah, yakni Meningkatkan disiplin bagi guru, seperti guru harus sudah ada di lembaga 15 menit sebelum pelajaran di mulai. b. Mendelegasikan guru-guru untuk mengikuti workshop dan latihan-pelatihan yang dapat mengembangkan kemapuan para guru. c. Mengadakan pelatihan bersama cara-cara membuat perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, prota dan promes dan PTK. d.Mewajibkan semua guru untuk membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. e. Menfasilitasi alat peraga bagi para guru dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran. f. Bersama tingkatan lembaga lainya mengadakan kajian kitab khusus guru-guru yang dibahas secara kontemporer agar menambah wawasan para guru. g.Memotivasi para guru yang masih belum S1 untuk melanjutkan studinya. h.Mengadakan rapat evaluasi setiap bulan untuk mengevaluasi masalah seputar proses belajar mengajar, perkembangan siswa dan masalah-masalah lain. dan dari beberapa strategi tersebut membuat mutu guru semakin baik,hal ini dengan dapat dilihat dengan meningkatknya mutu pendidika, dan mutu siswa di sekolah MI Sabilur Rosyad.
Tidak tersedia versi lain