Text
Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui moving class di Maadrasah Tsanawiyah Negeri Sumber Bungur Pamekasan
ABSTRAK
Miftahul Arifin, 2014, Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui moving class di Maadrasah Tsanawiyah Negeri Sumber Bungur Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M. Pd.
Kata kunci: mutu pendidikan, pendidikan agama Islam, moving class
Pendidikan mempunyai peran penting dalam upaya mencapai kesejahteraan bangsa Indonesia, maka berbagai bentuk pembaharuan dalam pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan terlebih dalam pendidikan agama islam.Salah satu bentuk pembaharuan sistem pembelajaran dalam pendidikan agama islam adalah dengan sistem moving classyang memungkinkan suasana belajar lebih nyaman dan kondusif, dengan ini guru menemukan kreasi dan inovasi pengelolaan kelas untuk menunjang proses belajar mengajar yang lebih efektif dalam mencapai tujuan.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peningkatan mutu pendidikan agama islam melalui sistem moving class di madrasah tsanawiyah negeri model sumber bungur pamekasan 3?kedua, apa saja kendala yang dihadapi pada penerapan sistem moving class dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam di madrasah tsanawiyah negeri model sumber bungur pamekasan 3?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dimana sumber data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru PAI, sertasiswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus dan uraian terperinci.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui moving class di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumber Bungur Pamekasan mampu menciptakan suasana belajar efektif dan efisien, mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga siswa lebih aktif, konsentrasi dan prestasi belajar yang diperoleh meningkat baik materi maupun karakter dan kepribadian peserta didik yang lebih baik.kedua, Kendala yang dihadapi pada penerapan moving class dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam berupa faktor internal yang berkenaan terhadap kesiapan diri siswa berupa keterlambatan dan penguasaan materi, serta faktor eksternal, seperti minimnya kelas representatif, mediapembelajaran, serta faktor alamiyah seperti hujan.
Agar peningkatan mutu pendidikan agama Islam dapat diperoleh secara optimal maka pengelola pendidikan senantiasa harus berupaya meningkatkan, mendukung dan memfasilitasi sistem pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pendidikan agama islam sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan agama Islam.
Tidak tersedia versi lain