PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pembelajaran al-Qur’an Model Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwarah Pamekasan

KARIMAH 180911561 - Nama Orang;

ABSTRAK
Karimah. 2012. Pembelajaran al-Qur’an Model Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwarah Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: DR. Atiqullah, S.Ag., M.Pd.

Keyword: Pembelajaran al-Qur’an, Model Kooperatif Tipe STAD.
Penelitian ini akan difokuskan pada masalah: (1) Bagaimana pembelajaran al-Qur’an model kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwarah? (2) Apa saja kendala dalam pembelajaran al-Qur’an model kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwarah Jungcangcang Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitiannya adalah person (semua guru mata pelajaran al-Qur’an di SDI Al-Munawwarah Jungcangcang Pamekasan) dan non person (dokumen, fenomena dan fakta yang ditemui di lapangan). Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Pengumpulan data berlangsung selama kurang lebih satu bulan; Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jawaban bahwa pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SDI Al-Munawwarah diterapkan dengan cara: (a) Pada tahap pendahuluan, guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang akan dicapai kepada siswa, serta memotivasi mereka dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh. Setelah itu, guru melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengecek kemampuan prasyarat siswa. (b) Pada tahap kegiatan inti, guru menyampaikan materi pembelajaran kemudian memberikan tes awal untuk mendapatkan skor dasar. Setelah itu, mengelompokkan siswa dimana setiap kelompok terdiri dari 4 sampai dengan 6 siswa. Kemudian membagikan bahan-bahan diskusi kelompok. Setelah itu siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan guru bertindak sebagai fasilitator. Lalu, guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual. Terakhir, memberikan penghargaan kepada kelompok. (c) Pada kegiatan akhir, guru memberikan refleksi pekerjaan rumah kepada siswa. (2) Kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an model kooperatif di SDI Al-Munawwarah adalah: adanya siswa yang tidak dapat bekerjasama dengan teman secara efektif dalam kelompok, siswa yang rajin dan pandai merasa pembagian tugas dan penilaiannya tidak adil, siswa yang kurang pandai dan kurang rajin akan merasa minder bekerjasama dengan teman-temannya yang lebih mampu, rawan terjadinya situasi kelas yang gaduh, adanya perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam mencari dan menggunakan informasi, kurang lengkapnya alat dan sumber belajar, dan dan sempitnya alokasi waktu.




Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112012 0104 Kar P C1
1120120104
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120120104 Kar P
Penerbit
: PAI STAIN Pamekasan., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Skripsi PAI 2012
Info Detail Spesifik
2
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?