PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Membentuk Karakter Religius (Studi komparasi di RA Nurul Hikmah Pamekasan dan TKIT Al-Uswah Pamekasan)

Mohammad Hermanto - Nama Orang;

Kata Kunci: Pembelajaran, Anak Usia Dini, Karakter Religius
Pembelajaran sebagai pondasi utama dalam pengembangan pendidikan bagi
anak usia dini diidentikan dengan pengajaran yang merupakan upaya untuk
membelajarkan siswa. Upaya menginternalisasikan nilai-nilai karakter religius
pada diri anak sehingga mampu tercermin dalam perilaku mereka, maka diperlukan
suatu penciptaan suasana religius. Penciptaan suasana religius di sekolah dimulai
dengan mengadakan berbagai kegiatan keagamaan . Konsep kegiatan pembelajaran
yang efektif dan inovatif dalam mengembangkan pola pikir dan perkembangan
pengetahuan anak menjadi hal yang patut untuk diteliti.
Oleh karena itu, focus penelitian ini yakni bagaimana metode pembelajaran
anak usia dini dalam membentuk karakter religius di RA Nurul Hikmah Pamekasan
dan TKIT Al-Uswah Pamekasan? Bagaimana penerapan pembelajaran dan faktor
pendukung dan penghambat pembelajaran anak usia dini dalam membentuk
karakter religius di RA Nurul Hikmah dan TKIT Al-Uswah Pamekasan?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan
jenis penelitian fenomenologis yaitu memaparkan fenomena yang terjadi di
lapangan dengan menceritakan kembali melalui data yang diperoleh secara objektif.
Dengan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi di RA Nurul Hikmah
dan TKIT Al-Uswah Pamekasan.
Adapun melalui metode penelitian di atas didapatkan tiga hasil penelitian,
yakni pertama, metode pembelajaran RA Nurul Hikmah dan TKIT Al-Uswah
menggunakan metode pembelajaran yang variatif mulai dari ceramah, demonstrasi,
proyek, karyawisata, maupun story telling. Model pembelajaran yang ditekankan
adalah pembiasaan dan keteladanan sehingga guru menjadi figure teladan dan aspek
pembiasaan menjadi upaya menjadikan anak rutin terutama dalam hal ibadah.
Kedua, penerapan pembelajaran keduanya sama-sama menenkankan pada aspek
religiusitas, RA Nurul Hikmah lebih fokus pada pengembangan keterampilan,
sedangkan TKIT Al-Uswah pada kepekaan sosial-emosional. Ketiga, faktor
pendukung dari kedua sekolah ini meliputi kemauan anak, kemampuan dan
keteladanan guru, program kegiatan, sarana dan prasarana sekolah, metode
pembelajaran, dan iklim sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dalam
upaya membentuk karakter religius anak serta dukungan dari orangtua murid.
Adapun faktor penghambatnya adalah ketidaktercapaian dan ketidakterpenuhan
aspek dan komponen pendukung tersebut.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112023057S2 MOH P
112023057S2
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112023057S2 MOH P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112023057S2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS PAI 2023
Info Detail Spesifik
057
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?