PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

onsep Pembelajaran Berparadigma Humanistik (Telaah Terhadap Pembelajaran Imam Az-Zarnuji Dalam Kitab Taʻlīm AlMutaʻallim

Shidqi Junaidi - Nama Orang;

Kata Kunci: Pembelajaran, Ta‘līm al-Muta‘allim, Humanistik, Merdeka Belajar.
Kitab Taʻlīm al-Mutaʻallim yang ditulis oleh Imam Az-Zarnuji
termasuk karya klasik, karena konsep pembelajarannya berpegang teguh pada
etika (akhlak). Walaupun demikian, secara faktual kitab ini sampai sekarang
masih dikaji dan dijadikan rujukan penting dalam kegiatan pembelajaran,
khususnya di pesantren. Seiring dengan munculnya pembelajaran humanistik
yang modern yang menekankan kebebasan dan keterlibatan siswa dalam
pembelajaran. Maka pembelajaran Imam Az-Zarnuji dengan pembelajaran
berparadigma humanistik perlu ditelaah dan dicari relevansi dengan paradigma
merdeka belajar. Dengan latar belakang tersebut, maka dirasa penting untuk
melakukan studi yang mendalam terhadap pembelajaran Imam Az-Zarnuji dalam
kitab Taʻlīm al-Mutaʻallim, untuk menemukan ciri-ciri humanistik di dalamnya,
dan menemukan pula relevansinya dengan paradigma merdeka belajar.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library
research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan metode analisis-deskriptif akan menjawab permasalahan yang muncul dari
latar belakang di atas, yaitu; (a), Bagaimana konsep pembelajaran berparadigma
humanistik menurut Imam Az-Zarnuji dalam kitab Taʻlīm al-Mutaʻallim? (b),
Bagaimana relevansi konsep pembelajaran berparadigma humanistik menurut
Imam Az-Zarnuji dalam kitab Taʻlīm al-Mutaʻallim dengan paradigma merdeka
belajar? Teori pembelajaran humanistik yang berdasarkan pada teori
konstruktivisme John Dewey dan teori humanisme Abraham Maslow, dijadikan
sebagai pisau analisis yang digunakan untuk memecahkan atau menjawab
permasalahan tersebut.
Setelah dilakukan analisis yang mendalam, maka hasil kajian ini bisa
dipaparkan sebagai berikut; (a), Konsep pembelajaran berparadigma humanistik
Imam Az-Zarnuji dalam kitab Taʻlīm al-Mutaʻallim yaitu hasrat, motivasi atau
niat, Al-Jiddu; kesungguhan, kontinuitas dan semangat, Musyawarah (dinamika
keilmuan yang objektif), dan Istifadah (memenuhi rasa ingin tahu/kuriositas). (b),
Relevansi pembelajaran berparadigma humanistik Imam Az-Zarnuji dalam kitab
Taʻlīm al-Mutaʻallim dengan paradigma merdeka belajar yaitu kematangan fisik,
mental dan karakter (hasrat, motivasi atau niat), memperkuat kompetensi dan
pemahaman (Al-Jiddu; kesungguhan, kontinuitas dan semangat), menumbuhkan
soft skill, sikap aktif dan kritis dengan mengeksplorasi isu-isu aktual
(Musyawarah; dinamika keilmuan yang objektif), dan mengembangkan potensi
dan bakat (Istifadah;memenuhi rasa ingin tahu/kuriositas).


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112023046S2 SHI K
112023046S2
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112023046S2 SHI K
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112023046S2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
TESIS PAI 2023
Info Detail Spesifik
046
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?