Text
Implementasi Pendidikan Ramah Anak Berbasis Parenting Islami Di SMP Negeri 2 Sumenep
Katakunci: pendidikan ramah anak, parenting Islami.
Konteks penelitian ini didasari oleh kondisi pendidikan yang saat ini krisis
adab dan etika yang baik, banyak menimbulkan perundungan di lembaga
pendidikan seperti kekerasan antar siswa, pelanggaran aturan-aturan sekolah dan
lainnya yang bersifat negatif. Sehingga lembaga membutuhkan strategi untuk
menurunkan angka perundungan di sekolah melalui pendidikan ramah anak yang
berbasis Islma untuk menanamkan akhlak dan karater yang baik kepada siswa.
Kemudian fokus penelitian ini antara lain Apa Tujuan Pendidikan Ramah Anak?
Bagaimana Implementasi Pendidikan Ramah Anak Berbasis Parenting Islami?
Bagaimana Dampak Pendidikan Ramah Anak Berbasis Parenting Islami?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus yang berlokasi di lembaga pendidikan SMP Negeri 2 Sumenep. Posisi
peneliti sebagai instrumen penelitian yang mana sumber datanya terdiri kepala
sekolah, guru, dan siswa sebagai sumber data primer, tempat dan beberapa
dokumen sebagai sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan datanya
melalui observasi non partisipan, wawancara terencana tetapi tidak terstruktur,
dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data,
penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Tujuan pendidikan ramah anak ialah
sebagai dasar agar hak semua anak itu sama, gaya belajar menyesuaikan dengan
kebutuhan anak, sekolah harus menjamin pendidikan setiap anak. 2) Implementasi
pendidikan ramah anak berbasis parenting islami antara lain setiap pagi guru
menyambut siswa dengan sikap ramah, menyediakan sarana dan prasarana berupa
CCTVdi setiap pojok sekolah, mengadakan deklarasi pendidikan ramah anak serta
membuat peraturan yang lebih disiplin, membentuk tim khusus atau agen
perubahan, menyediakan kotak khusus untuk menampung segala aspirasi para
siswa, menciptakan suasana belajar yang ceria, mendukung hobi para siswa
dengan cara mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, menciptakan lingkungan
sekolah yang asri. 3) Dampak pendidikan ramah anak berbasis parenting islami
ialah menjadikan sekolah lebih kondusif dan aman serta menurunkan angka
perundungan di sekolah, sekolah dapat memberikan kenyamanan kepada peserta
didik, terciptanya suasana sekolah yang aman dan tertib, berkurangnya tindak
bullying di sekolah, menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis.
Tidak tersedia versi lain