Text
Metode Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Ubudiyah Bagi Anak Berkebutuhan Khusus dI SLB PGRI Tlanakan Pamekasan dan SLB PGRI Kaduarah Barat Pamekasan
Kata Kunci: Metode, Guru Pendidikan Agama Islam, Ubudiyah.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode guru pendidikan agama Islam
yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran untuk meningkatkan
ubudiyah bagi anak berkebutuhan khusus, sehingga nantinya para anak memiliki
kemauan dan kemampuan untuk menjalankan ibadah keagamaan yang telah di
ajarkan dalam kehidupan sehari-harinya.
Ada tiga fokus dalam penelitian ini, ialah: Pertama, bagaimana metode
Guru PAI dalam meningkatkan ubudiyah bagi anak berkebutuhan khusus di SLB
PGRI Tlanakan dan SLB PGRI Kaduarah Barat Pamekasan. Kedua, apa saja nilainilai ubudiyah yang diterapkan bagi anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI
Tlanakan Pamekasan dan SLB PGRI Kaduarah Barat Pamekasan. Ketiga,
bagaimana implikasi peran guru PAI dalam meningkatkan ubudiyah bagi anak
berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlanakan Pamekasan dan SLB PGRI
Kaduarah Barat Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan kondensasi data, menyajikan data,
verifikasi data. Data yang diperoleh dicek keabsahan datanya dengan kredibiltas
data, transfebilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, metode Guru PAI dalam
meningkatkan ubudiyah bagi anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlanakan
ialah pembinaan dan pembiasaan. Sedangkan di SLB PGRI Kaduarah Barat ialah
pembinaan dan pemberian motivasi atau nasehat pada anak. Kedua, nilai-nilai
ubudiyah yang diterapkan bagi anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlanakan
ialah penanaman ibadah dan akhlak, serta penanaman kedisiplinan kepada anak.
Sedangkan di SLB PGRI Kaduarah Barat ialah penaman ibadah, akhlak dan
adanya tindakan tegas kepada anak yang melanggar tata tertib sekolah. Ketiga,
Implikasi Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Ubudiyah Bagi Anak
Berkebutuhan Khusus di SLB PGRI Tlanakan ialah peningkatan ketakwaan anak
dengan melaksanakan ibadah tepat waktu dan peningkatan kedisiplinan dengan
menaati tata tertib sekolah, serta menghormati orang lain dengan selalu
menghormati guru, kepala sekolah dan semua warga sekolah. Sedangkan di SLB
PGRI Kaduarah Barat ialah terbentuknya anak yang memiliki pembiasaan religius,
dan terbentuknya anak yang memiliki sikap cinta lingkungan yang selalu menjaga
kebersihan lingkungannya.
Tidak tersedia versi lain