Text
Implementasi Kitab Futūh al-Mannān Dan Kitab Nubdah alBayān Bagi Santri Pemula (Studi Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Putri dan Di Maktab Nubdatul Bayan Bata-Bata Putra)
Kata Kunci : implementasi kitab, Futūh al-Mannān, Nubdah al-Bayān
Penerapan berbagai model pembelajaran dalam memudahkan pengkajian
kitab kuning telah banyak diluncurkan oleh pesantren-pesantren masa kini. Di
mana pembelajaran kitab kuning telah melegenda dan menjadi ikon pesantren
sejak dahulu. Oleh karena itu, sangat penting menciptakan pembelajaran kreatif
dan inovatif sebagai solusi kesulitan santri membaca dan memahami kitab kuning
dengan baik. Dalam hal ini, dihadirkan model pembelajaran kitab Futūh alMannān dan kitab Nubdah al-Bayān yang digunakan di dua pesantren ditilik dari
segi implementasi dari dua model pembelajaran kitab tersebut.
Penelitian akan memfokuskan pada beberapa poin pertanyaan agar tepat
sasaran. Fokus pengamatan ini meliputi: 1) Bagaimana penerapan kitab Futūh alMannān dan Nubdah al-Bayān bagi santri pemula di pondok pesantren Mambaul
Ulum Bata-Bata Putri dan di Maktab Nubdatul Bayan Bata-Bata Putra?, 2)
Bagaimana tingkat keberhasilan pembelajaran kitab Futūh al-Mannān dan
Nubdah al-Bayān bagi santri pemula di pondok pesantren Mambaul Ulum BataBata Putri dan di Maktab Nubdatul Bayan Bata-Bata Putra?.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis fenomenologis. Pendekatan
kualitatif menuntut pendekatan holistik, kesatuan, memandang subjek kajian
secara kompleks, menelaah objek kajian dalam satu konteks, bukan
memandangnya dari sudut pandang yang terbatas. Dalam hal teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pertama,
penerapan kitab Futuh al-Mannan yaitu penyampaian materi, mengkaji kitab
terjemah berdasarkan kaidah nahwu, praktik membaca kitab kuning Fathul Mu‟in
secara bergantian sembari tanya jawab sebagai penguatan pemahaman. Penerapan
kitab Nubdah al-Bayan yaitu penjelasan materi, praktik memberi makna pada
contoh potongan ayat dalam kitab Nubdah bagi jilid bawah dan memberi makna
pada kitab Fathul Qarib untuk jilid 4 sampai praktik II dan ditakrir, pendidik
mencontohkan membaca kitab kuning dan peserta didik mengikutinya. Kedua,
tingkat keberhasilan pembelajarannya yaitu ketercapaian akselerasi pembelajaran
dan ketuntasan pembelajaran, tercapainya tujuan instruksional khusus, tercipta
iklim belajar menarik, aspek barokah, dan kompetensi sosial (social skill).
Tidak tersedia versi lain