PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PABP) Pesera Didik Pada Kelas V SDN Pegantenan 2 Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan,

Adilla Syarifah - Nama Orang;

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Team Games Tournament,
Hasil Belajar.
Penggunaan metode konvensional secara terus menerus oleh pendidik
menyebabkan suasana pembelajaran menjadi lebih membosankan dan monoton
bagi peserta didik, sehingga hal ini juga mempengaruhi hasil belajar. Untuk
mengatasi hal ini dibutuhkan kreativitas dan kemampuan guru dalam penggunaan
metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di dalam kelas. Menurut jean
piaget, tahap perkembangan kognitif dan moral pada anak sekolah dasar yakni
anak-anak belajar melalui permainan di lapangan bersama rekan sebayanya.
Metode pembelajaran yang sesuai dengan pendapat ahli yakni dengan
menggunakan metode kooperatif tipe Team Game Tournement.
Pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) merupakan
salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan peran
siswa sebagi tutor sebaya dan mengandung permainan dan reinforcement yang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT)
mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan
agama islam dan budi pekerti (PABP) pada kelas V di SDN PEGANTENAN 2.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran dalam 4 kali pertemuan. Dengan
menggunakan pengumpulan data tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati
aktivitas mengajar pendidik, metode dokumentasi dan wawancara.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah dengan penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe team games tournemant dapat meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran PABP kelas V di SDN pegantenan 2?”
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament, hasil
belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Siklus I
hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 76% pada siklus II mencapai 100%.
Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan baahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran PABP pada peserta didik kelas V di SDN pegantenan 2.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112023039 ADI I
112023039
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112023039 ADI I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112023039
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2023
Info Detail Spesifik
039
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?