Text
Penerapan Metode Ziyadah dalam Menghafal Nadham Alfiyah Jenjang Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha di Pondok Pesantren Darussalam Kalibaru Banyuwangi,
Kata Kunci: Implementasi, Metode Ziyadah
Penelitian ini, memiliki dua fokus penelitian sebagai berikut: Pertama,
Mengapa Metode Ziyadah Diterapkan Dalam Menghafal Nadham Alfiyah Jenjang
Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Di Pondok Pesantren Darussalam Kalibaru.
Kedua, Bagaimana Hasil Penerapan Metode Ziyadah Dalam Menghafal Nadham
Alfiyah Jenjang Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Di Pondok Pesantren
Darussalam Kalibaru.
Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi tersetruktur,
observasi partisipan, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah kepala
sekolah, guru (ustad), dan siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Pondok
Pesantren Darussalam Kalibaru Banyuwangi.
Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa: Pertama, Mengapa Metode
Ziyadah Diterapkan Dalam Menghafal Nadham Alfiyah Jenjang Madrasah Diniyah
Takmiliyah Wustha Di Pondok Pesantren Darussalam Kalibaru. Yaitu karena: 1.
Kurangnya kedisiplinan para santri tingkat wustha dalam menghafal nadham Alfiyah,
sesuai dengan yang ditargetkan. 2. Tidak maksimalnya santri dalam menghafal
nadham Alfiyah. Sehingga, banyak santri mendapat takziran (hukuman). 3. Metode
ziyadah memberikan kesempatan bagi santri untuk muraja’ah dan takror. Kedua,
Bagaimana Hasil Penerapan Metode Ziyadah Dalam Menghafal Nadham Alfiyah
Jenjang Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Di Pondok Pesantren Darussalam
Kalibaru. Yaitu: 1. Meminimalisir takziran santri dalam menghafal nadham Alfiyah.
2. Disiplinnya para santri tingkat wustha dalam menyetorkan hafalan barunya. 3.
Tercapainya target hafalan nadham Alfiyah. 4. Metode ziyadah tidak hanya
diterapkan dalam
Tidak tersedia versi lain