PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

“Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Metode Ice breaking didalam Kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan

Natasya Dwi Anggraini - Nama Orang;

Kata Kunci : Efektifitas, Pendidikan Agama Islam, Ice Breaking
Rendahnya semangat belajar siswa Sekolah Dasar dapat dirasakan oleh setiap guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka salah satu upaya SDN Laden 1 Pamekasan dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islammenggunakan metode Ice Breaking. Untuk itu peneliti menyusun sebuah rumusan masalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana penerapan metode ice breaking dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode ice breaking didalam kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode ice breaking didalam kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan, Ketiga, Apa saja faktor penghambat dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode ice breaking didalam kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan, Keempat, Bagaimana efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode ice breaking didalam kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah, Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Siswa-Siswi kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Penerapan metode Ice Breaking diterapkan oleh guru dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IV, bentuk metode Ice Breaking yang diberikan berbentuk game atau nyanyian, dan waktu dalam penerapannya yakni 2-3 menit. Tujuan dari penerapan ini yakni untuk menghidupakn suasana kelas yang awalnya pasif menjadi aktif. Kedua, faktor pendukung dalam metode ini yakni sarana dan prasarana, semangat siswa, kekreatifan guru, dan tentunya faktor lingkungan. Ketiga faktor penghambat dalam metode ini yakni buku temati atau buku pegangan guru dan siswa yang kurang memadai. Emosional siswa dan alat peraga yang kurang bervariasi. Keempat, efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islammenggunakan metode Ice Breaking yakni metode ini sanat efektif dan efisien dalam penerapannya, tentunya siswa sangat antusias dan aktif dalam penerapannya, dan metode ini dapat membantu kegiatan belajar mengajar guru di dalam kelas untuk mencapai sebuah tujuan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112023008 NAT E
112023008
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112023008 NAT E
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112023008
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2023
Info Detail Spesifik
008
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?