PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Yasmin Kabupaten Sumenep

Lisa Jazilah Putri - Nama Orang;

Kata Kunci Manajemen Kurikulum
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini yaitu pertama bagaimana pengelolaan kurikulum anak berkebutuhan khusus di
sekolah luar biasa Yasmin Kabupaten Sumenep, kedua bagaimana kendala dan solusi dalam
pengelolaan kurikulum anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Yasmin Kabupaten
Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pendidikan
anak berkebutuhan khusus (ABK) beserta kendala dan solusi yang ada di SLB.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi, subyek penelitian meliputi kepala
sekolah, guru, dan siswa sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
serta kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan
keikutsertaan ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Penelitian menunjukkan manajemen kurikulum pendidikan ABK terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan. Pada perencanaan SLB Yasmin Sumenep melakukan
beberapa proses, yakni identifikasi yang dilakukan oleh pihak medis, asesmen dengan
mendatangkan ahli psikolog, membentuk tim pengembangan kurikulum, dan mempersiapkan
perangkat pembelajaran. Sedangkan strategi untuk pengembangan perencanaan kurikulum yakni
dengan pembelajaran yang mendalam, serta akses dan diversifikasi. Pada evaluasi melakukan
peninjauan, pengembangan dan perbaikan kurikulum. Manajemen kurikulum pendidikan ABK di
SLB Yasmin Sumenep ini tidak lepas dari kendala dan solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah.
Kata kunci : manajemen anak berkebutuhan khusus


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 142023049 LIS M
142023049
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142023049 LIS M
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
142023049
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2023
Info Detail Spesifik
049
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?