PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Teknik Modelling Untuk Mengurangi Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Siswa Di SMP Negeri 2 Pademawu

Afifah Heny Kamila - Nama Orang;

Kata Kunci: Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling, Kecanduan Game
Online.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pra penelitian peneliti ketika
melaksanakan pengamatan langsung di lapangan, masalah yang terjadi di SMP
Negeri 2 Pademawu yaitu banyaknya siswa yang terganggu pembelajaran di sekolah.
Akibatnya, siswa mengalami kecanduan game online. Menurut guru BK, siswa pada
saat ujian terburu-buru mengerjakan dan sisa waktunya dimanfaatkan siswa untuk
bermain game online. Serta siswa mendapat laporan dari guru BK untuk masuk ke
ruang BK gara-gara sering bermain game online. Semestinya, handphone itu tidak
mengganggu aktivitas pembelajaran di sekolah. Tapi, kenyataannya pembelajaran
sekolah diganggu dengan adanya siswa yang sering bermain game online. Oleh sebab
itu, permasalahan yang terjadi karena perilaku salah satu alternatif yaitu
menggunakan teknik modelling, sehingga judul dalam penelitian ini adalah
“Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Teknik Modelling
Untuk Mengurangi Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Siswa di SMP
Negeri 2 Pademawu”. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah : Apakah
konseling kelompok dengan pendekatan behavioral teknik modelling dapat
mengurangi kecenderungan kecanduan game online pada siswa di SMP Negeri 2
Pademawu?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian design
pre-experimental. Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one group pre testpost test, yaitu pengukuran diawal dan diakhir. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini berupa skala kecanduan game online yang akan diberikan kepada tujuh
orang siswa sesuai dengan rekomendasi guru BK. Teknik analisa dalam penelitian ini
menggunakan uji paired sampel t test.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan
teknik modelling efektif untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa di
SMP Negeri 2 Pademawu. Berdasarkan hasil uji paired sampel t test yaitu nilai
signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Serta nilai rata-rata pre-test 85,29 dan
rata-rata post-test 65,57., dengan selisih rata-rata skor 19,714. Selain itu dibuktikan
juga dengan nilai t hitung yaitu 12,686 dan nilai t tabel sebesar 2,447 artinya nilai t
hitung (12,686) > t tabel (2,447). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini Ha diterima
dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik
modelling efektif untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa di SMP
Negeri 2 Pademawu.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 192023077 AFI E
192023077
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192023077 AFI E
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
192023077
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI BKPI 2023
Info Detail Spesifik
077
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?