PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas III di MI Haudatul Ulum Cenlecen Pakong Pamekasan

Aisyah Ibnatun Masrurah - Nama Orang;

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebelum diterapkannya pembelajaran kooperatif, hasil belajar siswa
kelas III masih rendah, hal ini dapat diketahui pada aspek proses dan aspek hasil. Sebelum diterapkan
pembelajaran kooperatif, siswa yang mencapai nilai kkm ada 6 orang, sedangkan dibawah kkm ada 13
orang. Untuk mengatasi hal tersebut yaitu penerapkan model pembelajaran kooperatif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini terdiri dari; 1). Bagaimana langkahlangkah penerapan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2) apakah
penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan mixed metode dan jenis penelitiannya
adalah PTK. Desain dan prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari;
a). Tahap Perencanaan, b). Tahap Pelaksanaan, c). Tahap Observasi, dan d). Tahap Refleksi. Dengan
menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu lembar kerja siswa, lembar observasi dan tes.
Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui
hasil pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru, maka dilakukan analisis data. Dalam penelitian ini,
data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama: langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif
dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab sudah dilakukan dengan baik, yaitu a). persiapan yang
terdiri dari membuat RPP, menyiapkan materi, dan menyiapkan tes. b). Pelaksanaan diantaranya
menjelaskan materi, membentuk kelompok, memberikan tes, dan c). evaluasi diantaranya adalah
penilaian dan melakukan perbaikan untuksiklus selanjutnya. kedua: hasil penerapan pembelajaran
kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MI Haudatul Ulum Cenlecen Pakong
Pamekasan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran
kooperatif persentase nilai siswa yang mencapai KKM yaitu 31.58%. Pada siklus I, persentasenya yaitu
36.84%, sedangkan pada siklus II persentasenya yaitu 78.94%. adapun nilai rata- rata pada siklus I yaitu
64,74 dan pada siklus II yaitu 77.11


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152023076 AIS P
152023076
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152023076 AIS P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152023076
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2023
Info Detail Spesifik
076
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?