PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Role Play dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan

Inayatul Maghfiroh, - Nama Orang;

Kata kunci: Metode Role Play, Keterampilan Berbicara.
Metode role play adalah pendekatan pembelajaran keterampilan sosial, empati, dan
pemecahan masalah peserta didik. Dengan melibatkan mereka dalam simulasi peran,
metode ini memberikan pengalaman praktis yang berharga yang dapat diterapkan dalam
berbagai aspek kehidupan meraka. Berbicara merupakan keterampilan yang sangat penting
dalam pembelajaran untuk mengetahui bagaimana peserta didik menyampaikan pesan
melalui bahasa lisan. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yang pertama,
Bagaimana Penerapan Metode Role Play Dalam Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas X
di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan? Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan
Faktor Penghambat dalam Penerepan Metode Role Play Pada Keterampilan Berbicara Siswa
Kelas X di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan? Ketiga, Bagaimana Solusi Dari
Hambatan Dalam Penerapan Metode Role Play Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X
di SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah subjek dari mana data dapat diperoleh. Sumber
data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 22 siswa kelas
X SMA Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan wawancara semi terstruktur, observasi,
dan dokumentasi. yang menjadi informan adalah guru dan siswa kelas X. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode role play adalah dengan cara
menyampaikan tujuan yang akan dicapai, menjelaskan materi yang akan disampaikan, membuat
naskah, melakukan proses tanya jawab, dan memberikan tugas pada siswa. Kedua, faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode role play yaitu: faktor pendukung:
perpustakaan, kelas yang sudah dilengkapi alat penunjang, lab bahasa. Faktor penghambat:kelas
menjadi gaduh, membutuhkan waktu yang lama, murid banyak yang masih malu. Ketiga,
Solusi:solusi dari faktor penghambat dalam penerapan metode role play yaitu, dengan melakukan
beberapa langkah seperti memberikan apresiasi kepada siswa yang tertib, memberikan batasan
waktu dalam setiap pertemuan, Dan memberikan contoh kepada siswa yang pemalu untuk memiliki
sikap percaya diri terutama pada keterampilan berbicara.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172023057 INA P
172023057
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172023057 INA P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172023057
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2023
Info Detail Spesifik
057
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?