PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Strategi Index Card Match pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMAN 3 Sampang

Iva aryani - Nama Orang;

Kata kunci: Index Card Match, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Index Card Match merupakan tipe model pembelajaran aktif. Indec Card Match
merupakan pembelajaran mencari pasangan antara pasangan pemegang kartu soal dan pasangan
pemegang kartu jawaban. Berdasarkan konteks penelitian, terdapat 3 fokus yang digunakan,
yaitu Pertama Bagaimana perencanaan implementasi strategi Index card match pada mata
pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMAN 3 Sampang. Kedua Bagaimana pelaksanaan
implementasi strategi Index Card Match pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas X
SMAN 3 sampang. Ketiga Bagaimana dampak implementasi strategi Index card match pada
mata pelajara bahasa indonesia siswa kelas X di SMAN 3 Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi
penelitian dilakukan di SMA Negri 3 Sampang. Sumber data dari penelitian diperoleh dari guru
mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi teks
negosiasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama guru telah menerapkan strategi
pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran teks negosiasi Kelas X SMAN 3 Sampang
melalui tiga tahap. Pada tahap perencanaan selain menyiapkan RPP guru juga menyiapkan tujuan
serta media potongan kartu pertanyaan dan jawaban setelah itu guru memberikan penjelasan dan
tujuan terkait materi kepada siswa sesuai dengan persiapan yang sudah disiapkan.. Kedua Tahap
pelaksanaan yang dilakukan oleh guru dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card
Match melalui langkah-langkah dari strategi guru menjelaskan teks negosiasi guru mengeluarkan
potongan-potongan kartu berisi pertanyaan dan kartu jawaban. Guru mencampurkan kartu-kartu
pertanyaan dan jawaban dan dikocok beberapa kali, guru memberikan satu kartu untuk satu
siswa untuk bermain kuis. Ketiga tahap dampak positif dan negatif yaitu dampak positif
menumbuhkan kengebiraan dalam belajar mengajar, materi pembelajaran menarik perhatian
peserta didik, mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan sedangkan
kendala dampak positif membutuhkan waktu yang lama bagi peserta didik untuk menyelesaikan
tugas dan prestasi, guru harus meluangkan waktu yang lebih, lama membuat persiapan, guru
harus memiliki jiwa demokratis dan keterampilan yang memandai dalam hal pengelolaan kelas,
peserta didik atau kecederungan untuk berkerja sama dalam menyelesaikan masalah, dan suasana
kelas menjadi “gaduh” sehingga dapat menganggu kelas lain


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172023017 IVA I
172023017
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172023017 IVA I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?