PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peran Guru IPS dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Siswa di SMPN 5 Pamekasan

Febri Widiantoro - Nama Orang;

Kata Kunci: Peran Guru IPS, Toleransi Beragama
Nilai-nilai toleransi merupakan suatu hal yang sangat penting
ditanamkan terhadap setiap siswa, yang mana sesuai dengan pendidikan
yang tidak hanya mementingkan aspek kognitif saja akan tetapi juga aspek
afektif. Toleransi ialah sikap menghargai, membiarkan, membolehkan
pendapat, pandangan, keyakinan, kebiasaan, dan perilaku yang berbeda
dengan diri kita. Penanaman nilai-nilai toleransi juga dapat dilakukan
disekolah dengan proses pembelajaran yang salah satunya melalui mata
pelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peran guru IPS
dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMP Negeri 5
Pamekasan. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja pendorong dan
penghambat guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama
siswa di SMP Negeri 5 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan
interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Adapun langkahlangkah penelitian atau analisa data yang dilakukan oleh peneliti meliputi
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi
data.
Hasil dari penelitian ini ialah: (1) peran yang dilakukan guru IPS
ialah dengan merancang program pembelajaran IPS, yaitu menyusun RPP
dengan materi “Interaksi Sosial” serta mengintegrasikan materi pelajaran
IPS dengan toleransi beragama, melakukan pembiasaan terhadap toleransi
beragama dalam kehidupan sehari-hari, dan dengan memberikan teladan
yang baik dalam sikap toleransi beragama; (2) Faktor pendorong ialah
kebijakan dari sekolah, dan adanya visi misi sekolah yang menjadi
motivasi bagi siswa. Faktor penghambat yaitu, mementingkan diri sendiri
dan memilih dalam berteman


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182023044 FEB P
182023044
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182023044 FEB P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?