PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Nurul Hikmah Bvlumbungan Larangan Pamekasan

Purwanro - Nama Orang;

Kata Kunci : Role Playing, Motivasi belajar, mata pelajaran IPS
Role playing merupakan sebuah metode pembelajaran yang digunakan
sebagai model pembelajaran di dalam kelas guna untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa terhadapa pembelajaran IPS di dalam kelas. Metode ini digunakan
agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar IPS, dengan menggunakan model
pembelajaran ini maka bisa menarik semangat motivasi siswa terhadap
pembelajaran IPS. Motivasi belajar adalah sesuatu yang ditanamkan dalam diri
seseorang untuk selalu semangat dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
Motivasi ini bisa timbul dengan adanya dorongan semangat dari orang lain untuk
melangkah maju mencapai suatu keberhasilan.
Berdasarkan penjelasan diatas muncul beberapa rumusan masalah sebagai
berikut: pertama, Bagaimana penerapan metode role playing untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Hikmah Blumbungan Larangan
Pamekasan? Kedua, apakah metode role playing mampu meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Hikmah blumbungan Larangan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sumber data yang
didapatkan peneliti melalui wawancara awal kepada guru IPS dan siswa kelas VIII,
kemudian observasi, dokumentasi, hasil akhir siklus. Sebagian siswa merasa senang
dan lebih semangat serta aktif di dalam kelas karena siswa berfikir dengan belajar
menggunakan metode ini tidak membosankan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role
playing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil penilaian
kelompok yaitu pada siklus I yaitu 70 dan pada siklus II yaitu 89, sedangkan pada
catatan hasil peningkatan motivasi belajar yang ditunjukkan dari persentase
ketuntasan siswa pada siklus I adalah 66% sedangkan pada siklus II yaitu 84%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPS dapat meningkat melalui metode pembelajaran role
playing.
Berdasarkan hasil kesimpulan dari penelitian ini, maka peneliti memberikan
saran kepada pihak-pihak yang terkait di sekolah SMP Nurul Hikmah blumbungan
khususnya bagi kepala sekolah untuk memberikan arahan kepada semua guru agar
menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa seperti metode role playing, dan juga guru
diharapkan untuk lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran agar
mampu menumbuhkan minat belajar siswa sehingga motivasi belajar dalam diri
siswa itu tinggi


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182023028 PUR P
182023028
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182023028 PUR P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?