PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Model Pembelajaran Portofolio pada Mata Pelajaran IPS untuk Membentuk Keterampilan Kreatif Siswa Kelas VII di MTS Al-Mujtama'

Nadika - Nama Orang;

Kata Kunci, Model Portofolio, Keterampilan, Kreatif
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VII yang minat semangat dan
belajarnya kurang pada mata pelajaran IPS, penggunaan model pembelajaran yang tepat
dalam pembelajaran akan membantu siswa dalam memberikan hasil yang positif.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga point permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam
penelitian ini. Yaitu : Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Portofolio pada mata
pelajaran IPS untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, berfikir kritis, mengeksplorasi ide siswa
kelas VII di MTs Al-Mujtama’.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus,
Sumber data yang diperoleh mengikuti prosedur pengumpulan data yang ada yaitu: observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga telah melalui tahap-tahap penelitian diantaranya,
tahapan Pra-Lapangan, tahapan pengerjaan lapangan, dan dan analisis data, Informannya
adalah guru IPS kelas VII dan siswa kelas VII serta kepala sekolah di MTs Al-Mujtama’.
Hasil penelitian ini menjawab tentang hasil penelitian bahwa pertama: Penerapan
Model Pembelajaran Portofolio pada mata pelajaran IPS untuk menumbuhkan rasa ingin
tahu, ini terletak pada langkah model pembelajaran portofolio yang pertama yaitu, peserta
didik mengidentifikasikan masalah, kelas yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok yang setiap
kelompok harus menemukan permasalahan yang akan dikaji didalam kelas, pada fase ini
siswa berusaha membaca dan mencari tahu sampai menemukan permasalahan apa yang
terjadi, jadi langkah ini merupakan langkah untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa kelas
VII karena dengan melakukan langkah ini rasa inagin tahunya siswa tinggi untuk menemukan
sebuah jawabannya. Kedua, Penerapan model pembelajaran portofolio pada mata pelajaran
IPS untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII di MTs Al-Mujtama’
ini terletak pada langkah yang kedua, peserta didik memilih permasalahan yang sudah
ditemukan, pada tahap ini siswa berfikir kritis permasalahan apa yang memang benar-benar
pantas dikaji didalam kelas, selain memilih mereka juga berfikir agar tidak salah dalam
menentukan permasalahannya, jadi pada tahap ini merupakan langkah dalam
mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII. Ketiga, Penerapan model
pembelajaran portofolio pada mata pelajaran IPS untuk mengeksplorasi pemilihan ide kelas
VII di MTS Al-Mujtama’ ini terletak pada langkah keempat yaitu, peserta didik
mengembangkan portofolio kelas, guru meminta untuk portofolio kelas harus didesain
sekreatif mungkin agar mudah dibaca dan difahami, artinya pada tahap ini peserta didik
saling mengeksplor ide mereka gagasan mereka, agar mengahasilkan sebuah karya portofolio
kelas yang baik, langkah ini merupakan langkah untuk mengeksplorasi pemilihan ide siswa
kelas VII di MTs Al-Mujtama’


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182023024 NAD M
182023024
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182023024 NAD M
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?