PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Keefektifan Metode Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTs Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan

Moh. Miftahol Arifin - Nama Orang;

Kata Kunci: Bamboo Dancing, Hasil Belajar, Pelajaran IPS
Keberhasilan para siswa dalam proses pembelajaran pastinya tidak lepas dari
peran seorang guru di dalamnya, dimana guru harus bisa menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar yang diperoleh para
siswa akan semakin baik terutama pada mata pelajaran yang membutuhkan
konsentrasi penuh pada proses belajarnya salah satunya pada mata pelajaran IPS
yang terdiri dari beberapa ilmu sosial sehingga sangat diperlukan pemilihan
metode pembelajaran yang tepat agar antusias siswa dalam mengikuti
pembelajaran menjadi lebih baik dan hasil belajarnya juga lebih maksimal. Seperti
penggunaan metode pembelajaran bamboo dancing dimana metode ini merupakan
model pembelajaran kooperatif yang menekankan siswa agar turut aktif dalam
proses pembelajaran di dalam kelas.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPS antara sebelum dan sesudah
menggunakan metode pembelajaran bamboo dancing di kelas VII MTs Riyadul
Ulum Bicorong Pakong Pamekasan, pada penelitian ini metode yang digunakan
adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental,
pengumpulan datanya menggunakan tes yakni tes pre-test dan post-test dan untuk
mengukur data yang telah diperoleh peneliti menggunakan beberapa uji hipotesis
yakni uji validitas, reliabilitas dan uji-T.
Hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa hasil belajar siswa
mendapatkan nilai yang lebih baik dari pada hasil belajar siswa sebelum
menggunakan metode pembelajaran bamboo dancing dimana hal ini dapat
dibuktikan berdasarkan uji-T menggunakan aplikasi SPSS dengan hasil berupa
signifikasi sebesar 0,000 kurang dari signifikan (α) = 0,05, yang artinya terdapat
perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode
pembelajaran bamboo dancing pada mata pelajaran IPS


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182023022 MOH K
182023022
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182023022 MOH K
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?