PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penggunaan Game Interaktif Ice Breaking Dalam Everyone is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-E di SMPN 5 Pamekasan

Dini Latifah - Nama Orang;

Kata Kunci: Game Interaktif Ice Breaking, Everyone is a Teacher Here, Mata
Pelajaran IPS.
Peran guru dalam dunia pendidikan disini merupakan tercapainya akan
tujuan pembelajaran di dalam kelas, Artinya guru disini berperan tidak hanya
mengajar melainkan menjadi fasilitator, mendidik, melatih, dan mampu
menguasai berbagai aspek bidang dalam pendidikan yang baik dan professional.
Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar peserta didiknya rendah dikarenakan
mata pelajaran IPS ini sulit untuk dipahami dan mengerti dalam segi penyampaian
materinya disini juga terlalu kaku sehingga peserta didik sulit dalam memahami
dan mencerna akan materi yang dijelaskan. Sehingga timbullah rasa bosan dan
malas untuk bealajar. Dalam hal ini seringkali ditemukan saat pembelajaran
peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. Sehingga guru dituntut
untuk mampu mencari solusi bagainana mengatasi kesulitan dalam belajar
mengajar. Dengan hal ini guru dapat menggunakan game, strategi atau metode
dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penggunaan game ice
breaking hore-huuu dalam everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX-E di SMPN 5 Pamekasan. Model
yang digunakan yaitu Adi Soenarno dan Amral. Metode penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis pendekatan eksperimental. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IX-E di SMPN 5 Pamekasan dengan jumlah 29
siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklus dilaksanakan
2 kali pertemuan. Dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart
yang satu siklus terdiri 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game interaktif ice
breaking dalam everyone is a teacher here ini sangat efektif dalam meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari sebelum
menggunkan game interaktif ice breaking dalam everyone is a teacher here, dan
setelah menggunakan game dan strategi pada siklus I mencapai tingkat
ketuntasan 52%, sedangkan pada siklus II mencapai tingkat ketuntasan 92%. Jadi
tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan
39%. Maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan belajar siswa
pada akhir siklus telah melebihi target yang ditentukan yaitu 88%. Sehingga pada
siklus ke II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182023021 DIN P
182023021
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182023021 DIN P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?