PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penanaman Sikap Toleransi Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Jigsaw Di Kelas VIII SMP Nurul Hikmah Blumbungan Larangan Pamekasan

Farhatus Solehah - Nama Orang;

Kata Kunci: Sikap Toleransi, Metode Jigsaw, Mapel IPS
Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui penanaman sikap
toleransi pada mata pelajaran IPS melalui metode Jigsaw terhadap siswa Kelas VIII
SMP Nurul Hikmah Blumbungan Larangan Pamekasan; kedua, untuk mengetahui
kelebihan dan kelemahan dalam menanamkan sikap toleransi melalui metode
Jigsaw.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, guru IPS, dan siswa Kelas VIII.
Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, penggunaan bahan
referensi dan perpanjangan keikutsertaan. Untuk analisis data, peneliti
menggunakan tiga teknik, yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penanaman sikap toleransi
menggunakan metode Jigsaw sangat membantu, di mana dalam hal ini siswa bisa
belajar saling menghargai pendapat, tanggung jawab interaksi yang baik antar
sesama dan kerja sama tim, dengan begitu secara tidak langsung sikap toleransi
sudah mulai tertanam dengan sendirinya. Kedua, Kelebihan dari metode Jigsaw
yaitu: dapat menumbuhkan semangat dalam bekerja sama, semua siswa berperan
aktif tidak hanya berpatokan pada satu orang, menumbuhkan sikap saling
menghargai pendapat antar sesama, melatih kemampuan berinteraksi dengan
sesama, dan belajar untuk pecaya diri dalam meng speak up pendapatnya. Adapun
kelemahan dari metode Jigsaw sebagai berikut: sulit bagi siswa yang cenderung
kurang percaya diri, kerancuan dalam memahami materi, karena banyaknya
pendapat, butuh persiapan yang matang, dijadikan ajang untuk bercerita diluar
materi, sehingga kelas tidak kondusif


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182023019 FAR P
182023019
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182023019 FAR P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?