PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Ix Di Mts Al-Qadiry Sentol Pademawu Pamekasan

Ahmad Fikri Aqil - Nama Orang;

Kata kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads
Together (NHT), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode
pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata
pelajaran IPS kelas IX di MTs AL-Qadiry Sentol Pademawu Pamekasan. Menurut
Spencer Kagan (Dalam Isjoni, 2011:78) NHT merupakan teknik pembelajaran
yang memberikan kesempatan pada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan
pertimbangan jawaban yang paling tepat. Berdasarkan teori tersebut (NHT)
merupakan salah satu teknik pembelajaran yang mengkondisikan siswa untuk
mampu memadukan, menarik kesimpulan beragam pikiran dari hasil bertukar
gagasan atau pendapat sesama teman dalam kelompoknya. Untuk membuktikan
penerapan metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs ALQadiry Sentol Pademawu Pamekasan.
Peneliti ini mengguinakan pendekatan metode Penelitian Tindak Kelas
(PTK). Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. yang di laksanakan 2 siklus (6x pertemuan) yang terdiri dari 4
tahap: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan datanya:
Observasi, angket, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian pada siklus 1: diperoleh persentase ketercapaian guru
dalam melaksanakan pembelajaran sebesar 2,86 atau kategori baik. Proses
pembelajaran menggunakan metode Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together (NHT). Diketahui bahwa hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh
jumlah rata-rata 62,9 % dengan kategori cukup baik. Siswa yang tuntas sebanyak
14 orang siswa dan 15 siswa sisanya belum tuntas. namun ketuntasan belajar
siswa yang diperoleh dalam siklus I masih kurang dan belum mencapai indikator
keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Maka penelitian
meneruskan pada siklus 2: diperoleh persentase ketercapaian guru dalam
melaksanakan pembelajaran dengan tergolong baik dengan rata-rata 3,78. Pada
Proses pembelajaran menggunakan metode Pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT). Setelah dilaksanakan observasi aktivitas guru,
tahap melakukan observasi dalam mengetahui peningkatan siswa setiap siklus
yaitu diadakan tes kognitif. diketahui bahwa hasil belajar siswa secara klasikal
diperoleh jumlah rata-rata 7,67 % dengan kategori baik. Siswa yang tuntas
sebanyak 26 orang siswa dan 3 siswa sisanya belum tuntas. disimpulkan bahwa
penerapan Metode pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together
(NHT) telah sesuai dengan yang apa diharapkan atau direncanakan dan
merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182023005 AHM P
182023005
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182023005 AHM P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182023005
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?