PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Aksioma Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Jual Beli Daging Sapi Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar 17 Agustus Pamekasan)

Ahmad Syarifuddin - Nama Orang;

Kata kunci: Aksioma, Etika Bisnis Islam, Pelayanan, Jual Beli, Daging Sapi, Pasar
Tradisional
Aksioma adalah suatu pernyataan yang diterima sebagai kebenaran dan bersifat
umum tanpa memerlukan pembuktian. Aksioma berfungsi sebagai premis atau titik
awal untuk alasan dan argumen lanjut. Etika bisnis dalam Islam adalah sejumlah
perilaku etis bisnis (akhlaq al Islamiyah) yang dibungkus dengan nilai-nilai syariah
yang mengedepankan halal dan haram. Terdapat beberapa prinsip etika bisnis Islam
yang merupakan aksioma-aksioma etika yang meliputi tauhid, keseimbangan,
kehendak bebas, ihsan dan tanggung jawab. Berdasarkan lima aksioma etik ini, maka
sudah seharusnya seluruh kegiatan, proses bahkan sistem pada suatu perusahaan bisnis
mengacu kepadanya agar sesuai dengan etika bisnis Islam agar perusahaan tersebut
bisa terminimalisir dari kegiatan-kegiatan yang tidak diperbolehkan atau bertentangan
dengan prinsip syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aksioma etika bisnis Islam
dalam pelayanan jual beli daging sapi di Pasar 17 Agustus Pamekasan dan dampak dari
penerapan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini yaitu beberapa penjual daging sapi dan pelanggan di
pasar 17 Agustus Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjual daging sapi di Pasar 17 Agustus
Pamekasan dalam pelayanan jual beli telah menerapkan aksioma etika bisnis Islam
seperti unity (persatuan), equilibrium (keseimbangan), free will (kebebasan),
responsibility (tanggung jawab) dan benevolence (kebaikan/ihsan). Oleh karena itu,
para pelanggan merasa sangat antusias dan merasa lebih percaya untuk berbelanja di
Pasar 17 Agustus Pamekasan


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 322021130 AHM I
322021130
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
322021130 AHM I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xii+66 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
322021130
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI ES 2021
Info Detail Spesifik
130
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?