PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII Mts Al-Huda Duko Timur Larangan Pamekasan

A.Irwanto - Nama Orang;

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan
sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran
tutorial. Numbered Head Together (NHT) adalah jenis pembelajaran kooperatif
yang dibuat untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif
terhadap struktur kelas dradisiona guru ips harus memiliki strategi agar peserta
didik dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang
diharapkan. Salah satu alternatif model pembeljaran untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik dan juga membantu peserta didik dalam memahami materi
pada pembelajaran IPS yitu Numbered Head Together. Bedasarkan pengamatan
dari peneliti di Mts Al-Huda bahwa peserta didik kelas VII kurang
memeperhatikan guru dan lebih sering sibuk dengan dunianya sendiri disaat
mengikuti pembelajaran IPS, selain itu suasana pembelajaran yang kurang
menarik bagi peserta didik. Sehingga, peneliti melakukan penelitian tentang
pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head
Together dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
Numbered Head Together pada mata pelajran IPS di Mts Al-Huda tahun ajaran
2021/2022 dan untuk mengetahui pengaruh antara hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran koopratif
tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII Mts
Al-Huda Larangan Pamekasan. Hal ini di buktikan dari nilai yang dihasilkan
siswa sesudah menerapkan model Numbered Head Together lebih tinggi
dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji
independent test yaitu 0,004 di interpretasikan dengan taraf signifikansi 0,05.
Maka 0,004 < 0,05 sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran IPS di Mts Al-Huda Larangan Pamekasan.Besar pengaruh model
pembelajaran koopratif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil
belajar siswa kelas VII Mts Al-Huda Larangan Pamekasan yaitu pada kategori
sangat rendah. ”. Hal tersebut diketahui dari hasil t tabel yang di hitung
menggunakan bantuan aplikasi SPSS sebesar 0,004 bila di konsultasikan dengan
interpretasi nilai t, maka 0,004 berada di antara interval 0,00 sampai dengan
0,200. Maka hasil penelitian tersebut dinyatakan “ada pengaruh” yaitu dengan
interpretasi “sangat rendah”


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182022066 AIR P
182022066
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182022066 AIR P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xi+52, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182022066
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2022
Info Detail Spesifik
066
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?