PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Guru Dalam Mengimplementasikan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTsN 2 Pamekasan

Safira Mujtahidah - Nama Orang;

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Implementasi, Mata Pelajaran IPS
Dalam kegiatan belajar-mengajar, setiap guru yang memiliki tanggung
jawab terhadap peserta didiknya dalam mata pelajaran tertentu yang mana dalam
memberikan materi tersebut guru harus menggunakan suatu metode yang nantinya
dapat menunjang rasa semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas.
Ha ini juga bertujuan untuk mempermudah guru dalam mentransfer ilmu
pengetahuan kepada peserta didik yang nantinya juga dapat mempermudah
peserta didik dalam memahami materi yang diberikan oleh pendidik, salah satu
metode yang digunakan oleh pendidik yakni metode demonstrasi yang mana
metode ini telah diterapkan oleh guru IPS MTsN 2 Pamekasan.
Namun sejauh ini kebanyakan guru menggunakan metode pembelajaran
yang biasa-biasa saja, seperti halnya metode ceramah yang mana metode ini
dianggap tidak efektif karena peserta didik tidak dapat memerhatikan materi yang
diberikan oleh guru, akibatnya akan berpengaruh terhadap pencapaian pelajaran
anak didik. Berdasarkan paparan ini, maka ada dua permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimanaka upaya guru
dalam mengimplementasikan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPS di
kelas VIII MTsN 2 Pamekasan; kedua, Adakah kendala guru dalam menerapkan
metode demonstrasi pada mata Pelajaran IPS di kelas VIII MTsN 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
jenis penelitain Fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru IPS, orang tua siswa, dan
Siswa kelas VIII. Sedangkan pengecekan data menggunakan perpanjangan
pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk analisis data
menggunakan tiga tekhnik, yaitu cheking data, organizing (pengelompokan),
conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan metode
demonstrasi dapat memperdalam tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran
IPS kelas VIII di MTsN 2 Pamekasan sebagai berikut: pertama, upaya dalam
penerapan metode demonstrasi sesuai dengan kondisi kelas dan materi tertentu,
harus disesuaikan dengkan kemampuan setiap siswa karena setiap siswa memiliki
tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Kedua, kendala penerapan metode
demonstrasi sebagai metode pembelajaran diantaranya dalam menjawab soal
membutuhkan waktu yang lama karena siswa diminta maju kedepan satu persatu,
dan biasanya siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan kondusif
dikarenakan suasana kelas yang ramai.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182022052 SAF U
182022052
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182022052 SAF U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xii+83 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182022052
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2022
Info Detail Spesifik
052
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?