PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Analisis Kemampuan Retorika KH. Musleh Adnan dalam Berceramah Di Media Sosial Youtube

Said Aqil Farhan - Nama Orang;

Kata Kunci : Retorika, Ceramah, Media Sosial Youtube
Retorika merupakan seni berpidato dan berargumentasi menggunakan tata
bahasa yang baik, lancar, dan benar untuk memengaruhi pendengar, juga
mengajak seseorang yang bersifat mengunggah. Retorika menjadi kegiatan untuk
menarik perhatian orang lain melalui kepandaian dalam berbicara, khususnya
berbicara di depan umum. Berceramah merupakan kegiatan yang juga
memerlukan retorika yang baik dalam penyampaiannya. Ceramah adalah
pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi,
pengetahuan, dan sebagainya. Ceramah juga sering disebut dengan retorika
dakwah. Salah satu tokoh penceramah yang sering kita jumpai di media sosial
youtube yaitu K.H Musleh Adnan. Beliau adalah salah satu da’i dan sosok kiai
yang cukup populer di media sosial, utamanya youtube. Berdasarkan hal tersebut,
maka terdapat dua fokus permasalahan dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana
kemampuan retorika gaya bahasa berdasarkan pilihan kata KH. Musleh Adnan
pada saat berceramah. Kedua, bagaimana kemampuan retorika gaya suara KH.
Musleh Adnan pada saat berceramah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data dalam
penelitian ini adalah video ceramah KH. Musleh Adnan dalam media sosial
youtube, sedangkan data yang akan diteliti yaitu kemampuan retorika KH. Musleh
Adnan pada saat berceramah di media sosial youtube. Dengan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap dan
teknik catat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan retorika gaya
bahasa berdasarkan pilihan kata KH. Musleh Adnan pada saat berceramah secara
keseluruhan terdapat 53 data, yang meliputi gaya bahasa resmi sebanyak 13 data,
gaya bahasa tak resmi sebanyak 25 data, dan gaya bahasa percakapan 15 data.
Sedangkan kemampuan retorika gaya suara KH. Musleh Adnan pada saat
berceramah terdapat 20 data, yang meliputi pitch sebanyak 7 datang, rate
sebanyak 7 data, dan jeda (pause) sebanyak 6 data


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172022096 SAI A
172022096
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172022096 SAI A
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
vii+78 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172022096
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2022
Info Detail Spesifik
096
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?