PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 2 Larangan

Abd. Maghni Ad-Dhahil - Nama Orang;

Kata Kunci : Model Pembelajaran Direct Instruction, Mata Pelajaran IPS
Perkembangan pendidikan saat ini sangatlah revolutif, hal demikian
terbukti dengan pergantian kurikulum yang berlaku. Hal ini juga merupakan
tantangan bagi guru sebagai pengelola pembelajaran didalam kelas. Model
pembelajaran direct instruction ini menjadi pilihan utama dalam penerapan model
pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dalam implementasinya ditemukan
kendala-kendala serta solusi. Sehingga dalam penelitian ini diangkat dua fokus
penelitian, yaitu; (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran direct
instruction terhadap hasil pembelajaran siswa. (2) Apa yang menjadi kendala dan
bagaimana solusi guru IPS dalam mengimplementasi model pembelajaran direct
instruction.
Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan, sumber data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara,
serta dokumentasi. Adapun fokus peneliti pada saat observasi antara lain;
implementasi model pembelajaran direct instruction, langkah-langkah guru dalam
implementasi model mpembelajaran direct instruction. Adapun data-data
diperoleh dari berbagai sumber data, seperti hasil wawancara dengan informan,
baik berstatus guru atau murid. Pengecekan keabsahan data, menggunakan
perpanjangan pengamatan, serta ketekunan pengamatan dan triangulasi. Untuk
analisis data menggunakan tiga tekhnik, yaitu cheking data,
organizing(pengelompokan), conclusion drawing/verification (penarikan
kesimpulan).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa di SMPN 2 Larangan diterapkan
model pembelajaran direct instruction. Dalam penerapannya guru memadukan
dengan metode pembelajaran, seperti; metode ceramah, dengan metode ini siswa
lebih cepat dalam memahami penjelasan guru. Kemudian ada metode diskusi,
dengan metode ini, secara tidak langsung guru mengajarkan tentang kerjasama,
mampu menyelaraskan pemahaman antar satu dengan yang lainnya. Selain itu ada
metode proble solving, guru mengajarkan siswa dalam memecahkan
permasalahan-permasalahan sosial yang dihadapi, dan sikap kemandirian siswa
akan mudah terbangun.
Kemudian, dalam penerapan model pembelajaran direct instruction ini,
ada beberapa kendala. Antara lain; kendala yang ada pada siswa serta kendala
yang ada pada guru. Kendala pada siswa adalah perbedaan tingkat IQ siswa
sehingga proses memahami materi membutuhkan waktu yang cukup lama.
Kemudian kendala yang ada pada guru, antara lain; (1) guru harus memahami
materi secara detail. (2) guru harus kreatif dalam pemilihan metode pembelajaran,
dengan pertimbangan metode tersebut harus sesuai dengan materi pembelajaran


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182022045 ABD M
182022045
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182022045 ABD M
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
ix+63 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182022045
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2022
Info Detail Spesifik
045
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?