PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

“Penerapan Pendekatan Interdisipliner Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata”

Ach Madani - Nama Orang;

Kata Kunci: Pendekatan Interdisipliner, IPS Terpadu
Dalam memaksimalkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata yang mana sekolah ini
berada dalam lingkungan pesantren yang notabene siswanya terdiri dari kalangan
santri. Untuk itu dibutuhkan sebuah pendekatan yang relevan dengan materi yang
termuat didalamnya, di mana materi yang termuat dalam IPS itu diangkat dari
realitas sosial yang ada ditengah masyarakat juga penyusunan materinya
merupakan perwujudan dari pendekatan interdisipliner, yakni pendekatan
penyusunan dengan melibatkan berbagai sudut pandang keilmuan yang masih
serumpun. Pendekatan ini juga dikenal dengan pendekatan tematik/terpadu.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, pertama: bagiamana penerapan pendekatan
interdispliner dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum
Bata-Bata, kedua apa kendala dalam penerapan pendekatan interdisipliner dalam
pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, ketiga
bagaimana solusi terhadap kendala dalam penerapan pendekatan interdisipliner
dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah guru IPS yang mengajar di Kelas VII SMP Mambaul Ulum
Bata-Bata. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam menerapkan
pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP
Mambaul Ulum Bata-Bata guru membuat RPP sebagai acuan dalam
pembelajaran, guru membagi kelompok untuk berdiskusi materi/topik yang telah
ditentukan untuk diselesaikan dengan menggunkan pendekatan dari berbagai
sudut pandang keilmuan yang tercakup dalam IPS, yakni dari pendekatan
geografis, sosiologis, ekonomi dan historisnya (sejarahnya), kemudian siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kedua, kendala dalam penerapan
pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS Terpadu yaitu kurangnya
penguasaan materi IPS Terpadu, guru tidak bisa memaksimalkan waktu, guru
tidak bisa mengkoordinasi kelas dengan tepat, kurangnya buku bacaan sebagai
sumber referensi bagi siswa, rendahnya literasi dan minat baca siswa, ketiga,
solusi guru dalam menghadapi kendala penerapan pendekatan tersebut dalam
pembelajaran IPS Terpadu yaitu guru memperdalam penguasaan materi, guru
memaksimalkan pemetaan waktu, guru mengkoordinasi kelas dengan tepat,
melengkapi buku bacaan bagi siswa, memotivasi siswa untuk giat membaca.
Dari hasil diatas, disarankan bagi guru IPS Kelas VII SMP Mambaul
Ulum Bata-Bata, untuk lebih mengembangkan lagi penerapan pendekatan
interdisipliner dalam pembelajaran IPS terpadu, melalui peningkatan kereatifitas
dan inovasinya dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih semangat dan aktif
dalam mengikuti pembelajaran


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182022041 ACH P
182022041
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182022041 ACH P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
x+74 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182022041
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2022
Info Detail Spesifik
041
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?