PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Pembelajaran Model Kontekstual Pada Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMPN 7 Pamekasan

Innanie Mukarromah - Nama Orang;

Katakunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Dalam proses pembelajaran, guru diberikan kebebasan untuk mengelola kelas yang
meliputi model, strategi, pendekatan, dan metode yang efektif, disesuaikan dengan karakteristik
mata pelajaran, siswa, guru, dan sumber daya yang tersedia. Namun pembelajaran yang berorientasi
pada penguasaan materi dianggap kurang efektif menghasilkan peserta didik yang aktif. Peserta
didik berhasil “mengingat” jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali persoalan hidup jangka
panjang. Oleh sebab itu, salah satu guru di SMPN 7 Pamekasan mulai menggunakan model
pembelajaran yang baru guna memcapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Model pembelajaran
kontekstual dipromosikan menjadi alternatif. Sehingga judul dalam penelitian ini adalah
“Penerapan Pembelajaran Model Kontekstual Pada Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas
VIII SMPN 7 Pamekasan”. Fokus dalam penelitian ini ingin melihat tentang bagaimana pra dan
pasca penerapan CTL dalam pelajaran bahasa Indonesia, dan kelebihan serta kekurangan dalam
penerapannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti sengaja
mengambil pendekatan tersebut karena peneliti ingin menyajikan secara langsung bagaimana
peneliti dengan objek yang akan di teliti yang mana dilakukan secara alamiah. Teknik pengambilan
sumber data menggunakan teknik purpoif. Teknik ini dilakukan dengan pertimbangan tertentu,
yakni sumber data dianggap paling tahu tentang apa yang diharapkan, sehingga mempermudah
peneliti untuk menjelajahi obyek yang sedang diteliti. Pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi dan analisis data dokumentasi. Serta menggunakan tiga analisis data yaitu
kondensasi data, data display, dan verifikasi. Kemudian menggunakan triangulasi, analisis kasus
negatif, dan perpenjangan penelitian sebagai pengecekan keabsahan data.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pra penerapan CTL pembelajaran masih
dianggap kurang efektif karena siswa hanya mendengarkan dan menjadi pasif. Kemudian pasca
penerapan model pembelajaran kontekstual siswa menjadi lebih aktif. Siswa bisa mengalami secara
langsung materi yang sedang mereka pelajari. Kelas menjadi lebih nyaman dan ramai dengan
terciptanya masyarakat belajar. Siswa juga menjadi lebih aktif dalam berinteraksi sesama perihal
pembelajaran, saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Serta yang paling penting seluruh siswa
menjadi lebih fokus dan menaruh perhatiannya pada pembelajaran yang sedang berlangsung.
Keunikan model ini adalah siswa bisa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata untuk
mempermudah pemahamannya. Siswa juga bisa mengalami langsung tentang apa yang mereka
pelajari. Kelemahan dalam penerapan CTL yaitu guru harus bekerja lebih ekstra untuk menciptakan
masyarakat belajar yang diinginkan. Model pembelajaran kontekstual ini harus dilakukan secara
berkala dan berulang-ulang untuk menciptakan suasana yang diinginkan terlebih lagi objek
belajarnya adalah siswa kelas menengah pertama


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172022088 INN P
172022088
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172022088 INN P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
viii+67 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172022088
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2022
Info Detail Spesifik
088
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?