PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

, Peran Guru IPS Dalam Membentuk karakter Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan

Misbahul Munir - Nama Orang;

Kata Kunci :Peran Guru IPS, Karakter Nasionalisme Siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa SMP Negeri 7 Pamekasan yang
masih rendah tingkat karakter nasionalismenya, dibuktikan dengan adanya siswa
kurang menaati aturan yang ditetapkan kepala sekolah, rendahnya kejujuran, dan
menghargai orang lain. Dengan melihat indikator nasionalisme tentang ketuhanan,
kamanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan untuk membentuk karakter
nasionalisme, peneliti bisa mengetahui rendahnya siswa di SMP Negeri 7
Pamekasan.
Tujuan penelitian ini, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, untuk melihat proses yang dilakukan
oleh guru untuk membentuk arakter nasionalisme siswa SMP Negeri 7
Pamekasan; kedua, untuk mengidentifikasi kondisi siswa SMP Negeri 7
Pamekasan setelah terlaksananya pembelajaran IPS.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis
penelitian fenomenologi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Dalam
Proses Guru IPS untuk membentuk karakter nasionalisme siswa kelas VIII SMP
Negeri 7 Pamekasan cukup membaik, dengan guru selalu memberikan contoh
yang baik terhadap siswa seperti tidak terlambat kesekolah dan selalu
mendampingi siswa baik dalam pelajaran maupun kegiatan lain seperti bersih
masal, sholat berjamaah dalam pembiasaan diri siswa untuk membentuk karakter
nasionalismenya. (2) Kondisi siswa SMP Negeri 7 Pamekasan setelah
terlaksananya proses pembelajaran IPS, siswa mulai membaik yang awalnya tidak
suka mata pelajaran IPS dan sering keluar kelas ketika pelajaran berlangsung
dengan motivasi, mebimbing terhadap siswa, guru IPS mampu membuat siswa
kelas VIII betah dan mendengarkan apa yang telah di jelaskan oleh guru dan itu
berkelanjutan. Adapun peran guru IPS memang menjadi peran penting untuk
selalu memberikan motivasi, arahan dan bimbingan kepada siswa setelah
pembelajaran selesai agar mereka tetap mengingatnya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182022038 MIS P
182022038
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182022038 MIS P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xi+69 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182022038
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2022
Info Detail Spesifik
038
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?