PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Strategi Pembelajaran Know-Want To Know-Learned Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di MTs Al-Qadiry Pamekasan

Ahmad Syariful Anam - Nama Orang;

Kata Kunci : Hasil Belajar, Know-Want To Know-Learned, Mata Pelajaran
IPS, Strategi Pembelajaran.
Pada pembelajaran IPS, proses belajar mengajar di kelas dilakukan dengan
metode ceramah dimana hanya guru yang memberikan informasi sedangkan siswa
hanya mendengarkan. Ketika proses pembelajaran tersebut berlangsung, hampir
40% siswa dalam kondisi mengantuk atau mengobrol. Rasa ingin tahu siswa tidak
terbangun, kemandirian dalam kegiatan pembelajaran pun sedikit sekali terlihat.
Ketekunan yang dimiliki belum tampak. Metode ini juga kurang disenangi oleh
siswa karena ketika siswa menyampaikan pendapat dan pertanyaan, siswa kurang
paham terhadap materi yang dibahas.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana penerapan
strategi know-want to know-learned dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa
kelas VIII di MTs Al-Qadiry. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa setelah
menggunakan strategi know-want to know-learned dalam mata pelajaran IPS pada
siswa kelas VIII di MTs Al-Qadiry.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan pemecahan
masalah yang dimulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action),
pengumpulan data (observing) dan menganalisis data (reflecting).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pertama, penggunaan
strategi KWL telah terjadi peningkatan keaktifan siswa setelah pada siswa kelas
VIII mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai ratarata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan strategi
KWL. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tahap Pra Siklus 69,56, pada siklus I
mencapai 73,91% dan pada siklus II mencapai 81,74%


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182022032 AHM P
182022032
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182022032 AHM P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xiii+87 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182022032
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2022
Info Detail Spesifik
032
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?