PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Guru IPS dalam Menginternalisasi Nilai-nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran IPS Terpadu di SMPI Al-Hamidiyah Kombang Talango Sumenep

A. Syahidi Thoha - Nama Orang;

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai, Multikulturalisme
Perilaku primordialisme, intoleransi, etnosentrisme, rasismeme dan
deskriminasi, hal itu masih menjadi suatu permasalahan yang sering kita temui oleh
karena itu sangatlah penting melakukan pendidikan multikulturalisme untuk
mengatasi permasalahan tersebut seperti yang di lakukan oleh A. Zubaidi Guru IPS
SMPI Al-Hamidiyah Kombang Talango Sumenep, beliau mengupayakan internalisasi
nilai- nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS Terpadu di SMPI AlHamidiyah. Oleh karena itu ada tiga permasalahan yang akan menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yaitu: pertama, apa yang melatar belakangi Guru IPS dalam
mengupayakan internalisasi nilai-nilai multikulturalisme memelalui pembelajaran IPS
terpadu di SMPI Al-Hamidiyah Sumenep; kedua, bagaimana cara Guru IPS
menginternalisasi nilai-nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS terpadu di
SMPI Al-Hamidiyah Sumenep; ketiga, bagaimana hasil upaya Guru IPS dalam
menginternalisasi nilai-nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS terpadu di
SMPI Al-Hamidiyah Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Analisis datanya
peneliti disini menggunakan tiga teknik, yaitu; Checking Data, Organizing Data
(pengelompokan), dan Conclusion Drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini menujukan bahwa: Pertama yang melatar belakangi Guru
IPS SMPI Al-Hamidiyah dalam upaya Menginternalisasi Nilai-nilai
Multikulturalisme melalui Pembelajaran IPS di SMPI Al-Hamidiyah yaitu adanya
fenomena intoleransi rasisme diskriminasi dan etnosentrisme, adanya keragaman ras
suku budaya dan agama, adanya intruksi dari Kepala Sekolah untuk melaksanakan
pendidikan multikulturalisme, dan yang terakhir ditetapkannya dalam kurikulum
sekolah. Kedua yaitu cara yang digunakan Guru IPS SMPI Al-Hamidiyah cara
ataupun tahapan dalam upaya menginternalisasi Nilai-nilai multikulturalisme melalui
pembelajaran IPS di SMPI Al-Hamidiyah, tahapan yang pertama adalah transformasi
nilai dengan cara memberi informasi, kemudian tahapan yang kedua adalah transaksi
nilai dengan cara memberi pemahaman yang kemudian disini terdapat komunikasi
dua arah antara Guru dan Siswa-Siswi, tahapan yang ketiga adalah trans internalisasi
nilai yaitu dengan cara pengimplementasian, penugasan yang berorientasi pada
multikulturalisme. Ketiga hasil dari upaya Guru IPS SMPI Al-Hamidiyah dalam
Menginternalisasi Nilai-nilai Multikulturalisme adalah adannya sikap dan sifat yang
berorientasi pada Multikulralisme dengan paradigma keberagaman yaitu toleran adil
demokrasi dan kesetaraan, kemudian adanya sikap dan sifat yang membangun anti
deskriminasi terhadap perbedaan agama ras etnis suku dan budaya, kemudian adanya
sikap dan sifat yang bisa hidup damai berdampingan meski berada dalam lingkaran
perbedaan


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 182022029 ASY U
182022029
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182022029 ASY U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
x+74 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182022029
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2022
Info Detail Spesifik
029
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?