PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kelas IX MTs Al-Ghazali

Alvin Novita Sari - Nama Orang;

Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Project Based Learning, budaya literasi
Pada proses pembelajaran, guru memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya
literasi pada peserta didik. Maka dalam hal ini, peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran
di kelas IX MTs Al-Ghazali untuk mengetahui penerapan literasi pada pembelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IX MTs Al-Ghazali, Pragaan Sumenep. Adapun penelitian ini memiliki fokus
penelitian berupa 1) Bagaimana strategi project based learning dalam menumbuhkan budaya
literasi (membaca dan menulis) di kelas IX MTs. Al-Ghazali, 2) Bagaimana minat peserta didik
dalam budaya literasi (membaca dan menulis) setelah diterapkan strategi project based learning
di kelas IX MTs. Al-Ghazali, dan 3) Bagaimana kendala dalam penerapan strategi project based
learning untuk menumbuhkan budaya literasi (membaca dan menulis) di kelas IX MTs. AlGhazali.
Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) dengan pendekatan gabungan
berupa kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang didapatkan peneliti melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapakan
pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi. Dalam hal ini budaya literasi tidak diterapkan
secara maksimal sehingga motivasi peserta didik terhadap kemampuan membaca dan menulis
terbilang rendah. Pada pembelajaran yang dibangun oleh guru didapati bahwa guru lebih aktif dan
peserta didik pasif sehingga tidak didapati komunikasi pembelajaran yang aktif dan efektif.
Adapun pada penerapan strategi Project Based Learning peserta didik mengalami peningkatan
yang signifikan dibandingkan sebelum diterapkan strategi yang dimaksud.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172022069 ALV S
172022069
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172022069 ALV S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xi+91 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172022069
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2022
Info Detail Spesifik
069
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?