PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Role Playing dalam pembelajaran berbicara Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Pamekasan

Rizal Wijaya - Nama Orang;

Kata kunci: Metode Role Playing, berbicara, Bermain Peran.
Penelitian ini membahas tentang penerapan metode role playing dalam
pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan yang masih
kurang dalam kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan.
Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok dalam skripsi yang berjudul peneran metode role playing
dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan, adapun
fokus penelitian tersebut sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode
role playing pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan. Kedua,
bagaimana hasil penerapan metode role playing pada pembelajaran Bahasa
Indonesia dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP
Negeri 7 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi
terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah guru,
peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi
sumber dan metode.
Dengan penerapan metode role playing ini dalam pembelajaran bahasa
Indonesia, model tersebut dapat bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan
kemampuan siswa dalam berbicara. Dalam hal ini guru menerapkan pembelajaran
dengan cara, mempersiapkan RPP, Menyampaikan tujuan pembelajaran, Tanya
jawab,siswa berdiskusi dengan kelompoknya, permainan model role playing,
penutup.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode role
playing dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII melalui 3 tahapan
diantaranya kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup, tiga tahapan tersebut
dilakukan sesuai prosedur yang telah dibuat oleh guru dengan memperhatikan
capaian dan indikator pembelajaran. Kedua, hasil penerapan metode role playing
yang telah di laksanakan sebagai berikut: 1) Guru menemukan langkah-langkah
yang tepat dalam penerapan metode role playing untuk meningkatkan kemampuan
berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan. 2) siswa dapat
meningkatkan kemampuan berbicara (bermain peran) di dalam kelas. 3) siswa
merespon positif pelaksanaan metode role playing untuk meningkatkan
keterampilan berbicara khususnya dalam bermain peran. 4) siswa lebih aktif dan
berpatisipasi dalam proses belajar mengajar, terutama dalam pembelajaran
bermain peran.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172022057 RIS P
172022057
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172022057 RIS P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
x+64 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172022057
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2022
Info Detail Spesifik
057
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?