PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tebak Kata dalam Pelajaran Tematik pada Siswa Kelas II di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2021/2022

WARDATUN NAFISAH - Nama Orang;

Kata Kunci: peningkatan, keterampilan berbicara, metode tebak kata, dan
pembelajaran tematik.
Setiap manusia pada dasarnya diberikan keterampilan berbicara namun
tidak semua orang mampu berbicara atau berkomunikasi secara lisan dengan baik
dan benar. Oleh karena itu, pelajaran berbicara seharusnya mendapat perhatian
dalam pengajaran keterampilan berbahasa di sekolah dasar. Berbicara menunjang
keterampilan membaca dan menulis. Menulis dan berbicara mempunyai kesamaan
yaitu sebagai kegiatan produksi bahasa dan bersifat menyampaikan informasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)
Bagaimana perencanaan guru dalam menyusun metode tebak kata untuk siswa
kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang?, (2)
Bagaimana guru dalam menerapkan pelaksanaan metode tebak kata untuk siswa
kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang?, (3)
bagaimana hasil dari penerapan metode tebak kata untuk kelas II dalam
pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data ialah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Informasi yang perlu diperoleh ialah dengan
melakukan wawancara terhadap guru wali kelas II yaitu ibu Mashuroh. Tehnik
analisis data yang digunakan adalah menggunakan model interaktif yang terdiri
dari pengumpulan data, reduksi kata dan penarikan kesimpulan. Sedangkan
keabsahan data dilakukan dengan perencanaan metode tebak kata, penerapan
metode tebak kata dan hasil dari penerapan metode tebak kata.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, guru dalam
melakukan perencanaan dalam menyusun metode tebak kata untuk siswa kelas II
dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang perlu
menyiapkan yaitu: (1) menyiapkan RPP dalam pembelajaran tematik, (2)
merancang metode tebak kata, (3) membuat srategi pembelajaran sebelum dan
sesudan dilaksanakan metode tebak kata, dan (4) melakukan evaluasi.
Kedua, penerapan pelaksanaan metode tebak kata untuk siswa kelas II
dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang yaitu (1) akan
menyuruh siswa untuk megikuti apa yang dibacakan oleh peneliti yang sesuai
dengan teks percakapan, (2) guru akan menerapkan metode tebak kata dan
memberikan contoh sebuah kalimat sederhana, (3) kemudian, guru berdiri didepan
kelas dan memperlihatkan sebuah gambar tentang alat kebersihan yang biasanya
ada di rumah kepada siswa, (4) guru akan menunjuk salah satu siswa agar
menebak kata dari gambar yang telah diperlihatkan, (5) Kemudian peneliti juga
menyuruh siswa yang ditunjuk tadi untuk membuat kalimat sederhana sesuai
dengan gambar alat kebersihan yang telah ditebaknya. (6) melakukan evaluasi.
v
v
Ketiga, setelah melakukan pelaksanaan metode tebak kata pada siswa kelas
II dalam pembelajaran tematik dengan materi yang diajarkan tema 4 sub tema 1
pembelajaran ke 5 tentang Hidup Bersih dan Sehat di Rumah. Telah mengalami
peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa kelas II


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152022104 WAR P
152022104
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152022104 WAR P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xii+66 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152022104
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2022
Info Detail Spesifik
104
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?