PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Problematika Penulisan Ejaan dalam Pembelajaran Bahasa Madura Siswa Kelas X SMAS Islam Babus salam Desa Pasarenan Sampang

Masud - Nama Orang;

Kata kunci: Problematika, Ejaan Bahasa Madura.
Peneletian ini membahas tentang Problematika Penulisan Ejaan dalam
Pembelajaran Bahasa Madura Siswa Kelas X SMA Islam Babus salam Desa
Pasarenan Sampang, yang masih kurang dalam menelaah kaidah-kaidah bahasa
Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui belajar siswa kelas X SMAS
Islam Babus salam Pesarenan Sampang.
Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, Bagaimana problematika penulisan
ejaan bahasa Madura tahun 2011 di SMAS Islam Babus salam Desa Pasarenan
Sampang?. Kedua, Apa sajakah faktor penghambat dalam penulisan ejaan bahasa
Madura di SMAS Islam Babus salam Desa Pasarenan Sampang?. Tiga,
Bagaimana solusi guru mengatasi problematika penulisan ejaan di SMAS Islam
Babus salam Desa Pasarenan Sampang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan yang menjadi informan adalah guru dan peserta didik.
Pengecekan keabhasan data dilakukan melalui tringulasi sumber, keajegan dan
ketekunan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, problem dalam
pembelajaran ejaan bahasa Madura, siswa tidak bisa membedakan huruf konsonan
dan vokal (â halus dan e petpet, ѐ taleng, dan a tajam,dh, ḍh dan d). Kedua,
minimnya media pembelajaran, guru yang mengajar bahasa Madura tidak sesuai
dengan jenjang pendidikan yang ditempuh, dan terbatasnya kemampuan untuk
mengoprasikan komputer dalam materi pembelajaran ejaan bahasa Madura 2011.
Tiga, guru memberikan bimbingan intensif kepada siswa yang kurang memahami
ejaan bahasa Madura, mengadakan pelatihan tambahan, dan mengadakan diklat
tentang bahasa Madura.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172022039 MAS P
172022039
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172022039 MAS P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
v+67 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172022039
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2022
Info Detail Spesifik
039
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?