PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Penerapan Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di SMPN 2 Saronggi, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura,

Ainur Rofiq Alfaroziqin - Nama Orang;

Pembelajaran.
Supervisi Akademik menjadi kegiatan wajib di setiap lembaga
pendidikan yang berguna dalam peningkatan kompetensi dan
profesionalitas para pendidik dan sekaligus meningkatkan mutu
pembelajaran. Adapun yang mempengaruhi mutu pembelajaran salah
satunya adalah kesiapan dari pendidik dalam menjalankan tugasnya, dan
salah satu cara agar pendidik bisa professional dalam menjalankan
tugasnya adalah dengan diterapkannya supervise akademik . maka dengan
demikian penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui strategi
penerapan supervisi akademik yang dilaksanakan di lembaga SMPN 2
Saronggi yang mana akan berdampak terhadap peningkatan mutu
pembelajaran di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah deskriptif, teknik yang digunakan dalam prosedur
pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi
sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya
berdasarkan derajat kepercayaan yang melitputi teknik perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi
tersebut sesuai dengan pedoman PPKI IAIN MADURA.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi penerapan
supervisi akademik yang dilaksanakan di SMPN 2 Saronggi
menggunakan 2 teknik yaitu teknik supervise individual berupa coaching
(pembimbingan), dan juga kunjungan kelas dan teknik supervise
kelompok berupa diskusi kelompok yang dikemas dalam pelaksanaan
kegiatan lesson study. Sedangkan Dampak yang dihasilkan dari Strategi
penerapan supervisi akademik tersebut adalah peningkatan
profesionalisme dan kompetensi guru dan juga peningkatan mutu
pembelajaran. Adapun kendalanya adalah ketidaksiapan guru yang akan
disupervisi untuk pelaksanaan lesson study, ketidakseriusan beberapa
guru dalam melaksanakan dan menerapkan serta menjalankan


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 142022040 AIN S
142022040
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142022040 AIN S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
x+70, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
142022040
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2022
Info Detail Spesifik
040
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?