Text
, Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin Melalui Strategi Think Talk Write (TTW)
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW).
Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sebab dengan pendekatan kualitatif peneliti dapat menguraikan data yang diperoleh. Data yang diperoleh tersebut berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis teks berita serta perubahan perilaku pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dapat ditingkatkan melalui strategi Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil tulisan siswa, kemampuan menulis teks berita meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada prasiklus, siswa tuntas dengan nilai rata- rata sebesar 59,68. Pada siklus I, nilai rata- rata meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan siswa sebesar 37,5%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 80,43 dengan ketuntasan siswa sebesar 90,62%.sedangkan perubahan perilaku ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa perubahan perilaku siswa pada siklus I mencapai 67,5%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Selain itu, perubahan perilaku siswa juga dapat diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa dengan adanya strategi Think Talk Write (TTW) siswa bisa lebih aktif dan lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran serta lebih meningkatkan kemampuan menulis mereka yang tentunya dengan bimbingan guru.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW).
Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sebab dengan pendekatan kualitatif peneliti dapat menguraikan data yang diperoleh. Data yang diperoleh tersebut berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis teks berita serta perubahan perilaku pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dapat ditingkatkan melalui strategi Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil tulisan siswa, kemampuan menulis teks berita meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada prasiklus, siswa tuntas dengan nilai rata- rata sebesar 59,68. Pada siklus I, nilai rata- rata meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan siswa sebesar 37,5%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 80,43 dengan ketuntasan siswa sebesar 90,62%.sedangkan perubahan perilaku ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa perubahan perilaku siswa pada siklus I mencapai 67,5%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Selain itu, perubahan perilaku siswa juga dapat diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa dengan adanya strategi Think Talk Write (TTW) siswa bisa lebih aktif dan lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran serta lebih meningkatkan kemampuan menulis mereka yang tentunya dengan bimbingan guru.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW).
Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sebab dengan pendekatan kualitatif peneliti dapat menguraikan data yang diperoleh. Data yang diperoleh tersebut berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis teks berita serta perubahan perilaku pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dapat ditingkatkan melalui strategi Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil tulisan siswa, kemampuan menulis teks berita meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada prasiklus, siswa tuntas dengan nilai rata- rata sebesar 59,68. Pada siklus I, nilai rata- rata meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan siswa sebesar 37,5%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 80,43 dengan ketuntasan siswa sebesar 90,62%.sedangkan perubahan perilaku ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa perubahan perilaku siswa pada siklus I mencapai 67,5%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Selain itu, perubahan perilaku siswa juga dapat diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa dengan adanya strategi Think Talk Write (TTW) siswa bisa lebih aktif dan lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran serta lebih meningkatkan kemampuan menulis mereka yang tentunya dengan bimbingan guru.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW).
Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write.
Tidak tersedia versi lain