PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

, Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin Melalui Strategi Think Talk Write (TTW)

Siti Fasihah - Nama Orang;

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW).

Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sebab dengan pendekatan kualitatif peneliti dapat menguraikan data yang diperoleh. Data yang diperoleh tersebut berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis teks berita serta perubahan perilaku pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dapat ditingkatkan melalui strategi Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil tulisan siswa, kemampuan menulis teks berita meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada prasiklus, siswa tuntas dengan nilai rata- rata sebesar 59,68. Pada siklus I, nilai rata- rata meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan siswa sebesar 37,5%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 80,43 dengan ketuntasan siswa sebesar 90,62%.sedangkan perubahan perilaku ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa perubahan perilaku siswa pada siklus I mencapai 67,5%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Selain itu, perubahan perilaku siswa juga dapat diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa dengan adanya strategi Think Talk Write (TTW) siswa bisa lebih aktif dan lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran serta lebih meningkatkan kemampuan menulis mereka yang tentunya dengan bimbingan guru.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW).

Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sebab dengan pendekatan kualitatif peneliti dapat menguraikan data yang diperoleh. Data yang diperoleh tersebut berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis teks berita serta perubahan perilaku pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dapat ditingkatkan melalui strategi Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil tulisan siswa, kemampuan menulis teks berita meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada prasiklus, siswa tuntas dengan nilai rata- rata sebesar 59,68. Pada siklus I, nilai rata- rata meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan siswa sebesar 37,5%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 80,43 dengan ketuntasan siswa sebesar 90,62%.sedangkan perubahan perilaku ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa perubahan perilaku siswa pada siklus I mencapai 67,5%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Selain itu, perubahan perilaku siswa juga dapat diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa dengan adanya strategi Think Talk Write (TTW) siswa bisa lebih aktif dan lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran serta lebih meningkatkan kemampuan menulis mereka yang tentunya dengan bimbingan guru.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW).

Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sebab dengan pendekatan kualitatif peneliti dapat menguraikan data yang diperoleh. Data yang diperoleh tersebut berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis teks berita serta perubahan perilaku pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dapat ditingkatkan melalui strategi Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil tulisan siswa, kemampuan menulis teks berita meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada prasiklus, siswa tuntas dengan nilai rata- rata sebesar 59,68. Pada siklus I, nilai rata- rata meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan siswa sebesar 37,5%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 80,43 dengan ketuntasan siswa sebesar 90,62%.sedangkan perubahan perilaku ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa perubahan perilaku siswa pada siklus I mencapai 67,5%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Selain itu, perubahan perilaku siswa juga dapat diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa dengan adanya strategi Think Talk Write (TTW) siswa bisa lebih aktif dan lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran serta lebih meningkatkan kemampuan menulis mereka yang tentunya dengan bimbingan guru.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Strategi Think Talk Write (TTW).

Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menulis teks berita. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peningkatan kemapuan menulis teks berita bagi siswa. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin. Tujuan peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemamapuan siswa kelas VIII MTs. Miftahul Mubtadiin dalam menulis teks berita melalui stratgei Think Talk Write.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172022021 SIT P
172022021
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172022021 SIT P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xiii+105 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172022021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2022
Info Detail Spesifik
021
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?