PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Media Gambar Siswa Kelas II di SDN Angsanah 1 Palengaan Pamekasan

Ayu Rahmawati - Nama Orang;

Kata kunci : Kemampuan Menulis, Media Gambar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keresahan bahwa selama ini, Bahasa
Indonesia di jenjang SD salah satu pembelajaran yang mudah akan tetapi, peserta didik masih
sulit untuk memahaminya. dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah saja, dan juga
kurangnya keterampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran, berupa media
pembelajaran sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Untuk mencari
solusi permasalahan ini perlu adanya terobosan baru, salah satunya menggunakan media
pembelajaran berupa media gambar.
Penelitian ini dilakukan di SDN Angsanah 1 Palengaan Pamekasan, metode yag
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data
penelitian diperoleh diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
berupa kualitatif, alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal-soal
tes.
Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media pembelajaran yaitu
Media Gambar. persentase ketuntasan siswa pada prasiklus adalah 16,67% sedangkan persentase
ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61,1% meningkat lagi ketentusan siswa pada siklus II
sebesar 88,89%. Peningkatan ketuntasan belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan rata-rata
siswa yaitu pada pra-siklus sebesar 48,33 meningkat 63,3 dan meningkat lagi pada siklus II
sebesar 74,72. Dengan demikian penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan
menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan telah memenuhi indikator kaberhasilan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152022048 AYU P
152022048
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152022048 AYU P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xii+59 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152022048
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2022
Info Detail Spesifik
048
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?