PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Problematika dalam Pembelajaran Menyimak Efektif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan

Rohmatul Laila - Nama Orang;

Kata Kunci: Problematika, Menyimak Efektif.
Menyimak merupakan keterampilan pertama yang diperoleh dan dikuasai
manusia sekaligus menjadi penentu dalam pengembangan bahasa pertama
seseorang. Dalam kenyataannya sebagian besar orang terutama pelajar termasuk
para pelajar di MA Miftahul Ulum Bettet mengalami problematika keterampilan
menyimak sehingga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses
pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini ada
tiga yaitu: pertama, bagaimana bentuk problematika keterampilan menyimak
dalam pembelajaran bahasa Indonesia; kedua, apa penyebab problematika
keterampilan menyimak pada siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia; ketiga,
bagaimana dampak dari problematika keterampilan menyimak dalam
pembelajaran bahasa Indonesia.
Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah Guru bahasa Indonesia dan Siswa kelas X di
MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.
Hasil penelitian bahwa problematika menyimak efektif yang di alami oleh
sebagian siswa kelas X di MA Miftahul Ulum Bettet sangat beragam yaitu,
keinginan untuk menghindari pertanyaan, tidak fokus terhadap pembelajaran,
kurang penguasaan kosa kata (istilah baru). Penyebab dari problematika yang
terjadi disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal mapun eksternal,
seperti kondisi siswa yang kurang baik, adanya gangguan-gangguan sekitar.
Dampak dari problematika keterampilan menyimak efektif sangat berpengaruh
terhadap proses atau keberhasilan suatu pembelajaran, seperti kurangnya
penerimaan informasi atau pengetahuan sehingga menyebabkan prestasi siswa
menurun.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172022008 ROH P
172022008
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172022008 ROH P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xiii+107 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172022008
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2022
Info Detail Spesifik
008
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?