Text
Problematika dalam Pembelajaran Menyimak Efektif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan
Kata Kunci: Problematika, Menyimak Efektif.
Menyimak merupakan keterampilan pertama yang diperoleh dan dikuasai
manusia sekaligus menjadi penentu dalam pengembangan bahasa pertama
seseorang. Dalam kenyataannya sebagian besar orang terutama pelajar termasuk
para pelajar di MA Miftahul Ulum Bettet mengalami problematika keterampilan
menyimak sehingga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses
pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini ada
tiga yaitu: pertama, bagaimana bentuk problematika keterampilan menyimak
dalam pembelajaran bahasa Indonesia; kedua, apa penyebab problematika
keterampilan menyimak pada siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia; ketiga,
bagaimana dampak dari problematika keterampilan menyimak dalam
pembelajaran bahasa Indonesia.
Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah Guru bahasa Indonesia dan Siswa kelas X di
MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.
Hasil penelitian bahwa problematika menyimak efektif yang di alami oleh
sebagian siswa kelas X di MA Miftahul Ulum Bettet sangat beragam yaitu,
keinginan untuk menghindari pertanyaan, tidak fokus terhadap pembelajaran,
kurang penguasaan kosa kata (istilah baru). Penyebab dari problematika yang
terjadi disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal mapun eksternal,
seperti kondisi siswa yang kurang baik, adanya gangguan-gangguan sekitar.
Dampak dari problematika keterampilan menyimak efektif sangat berpengaruh
terhadap proses atau keberhasilan suatu pembelajaran, seperti kurangnya
penerimaan informasi atau pengetahuan sehingga menyebabkan prestasi siswa
menurun.
Tidak tersedia versi lain