Text
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Media Objek Alam pada Siswa Kelas VIII MTs. Nurul Huda Al-Maroniyah Pangarengan
Kata Kunci: Menulis, Puisi, Media Objek Alam.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran keterampilan
menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Al-Maroniyah Pangarengan dengan
menggunakan media objek alam. (2) peningkatan hasil belajar keterampilan menulis puisi
dengan menggunakan media objek alam pada siswa kelas VIII.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda AlMaroniyah Pangarengan. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, lembar
pengamatan, angket. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi,
dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media objek alam mampu meningkatkan
keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Al-Maroniyah
Pangarengan. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil yang diperoleh siswa pada setiap
tahap, yaitu pada tahap pra siklus hasil dengan nilai 52,82, kemudian siklus I memperoleh
nilai 74,47, siklus II dengan nilai 85,69. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa
kelas VIII MTs. Nurul Huda Al-Maroniyah Pangarengan dari hasil proses penerapan media
objek alam yaitu meningkatnya minat siswa menulis puisi, siswa lebih terampil dan
termotivasi, sehingga siswa lebih antusias dalam pembelajaran menulis puisi, pembelajaran
keterampilan menulis puisi meningkat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu siswa kurang
termotivasi, belum adanya media yang cocok untuk materi penulisan puisi, guru belum bisa
mengeksplore bakat anak dalam menulis puisi, sehingga dalam keterampilan menulis puisi
siswa merasa kesulitan.
Tidak tersedia versi lain