Text
Peningkatan hasil belajar Al-Quran Hadis melalui strategi pembelajaran index card match siswa kelas IV di MI Hidayatun najah samiran proppo pamekasan
Kata Kunci: Pembelajaran index card match
Index card match merupakan, karena dengan adanya media pembelajaran ini akan lebih
mudah bagi seorang guru dalam memberikan motivasi terhadap peserta didiknya agar menyukai
materi pembelajaran khsusnya pada materi Al-Qur’an Hadis kelas IV di MI Hidayatun Najah
Samiran Proppo Pamekasan.
Kemudian dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, yaitu: Pertama, Apakah
penggunaan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI
Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan dalam mengikuti kegiatan mata pelajaran AlQur’an Hadis?. Kedua, Bagaimana prosedur metode index card matchdalam meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV di MI Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas dengan pendekatan classrom Action
Researh. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: penerapan metode index card macth pada saat
pembelajaran mengenal hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa’ pada mata pelajaran Al-qur`an Hadis
dapat di lihat di tahap pra siklus dan tahap siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, peneliti
menerapkan metode index card macth pada saat pembelajaran membaca dan menulis Al-qur`an,
dan perubahan murid setelah penerapan metode index card macth bisa dikatakan sukses, karena
semula murid malas untuk belajar, murid hanya berbicara sendiri dan ada yang bermain sendiri.
Namun setalah penerapan metode index card macth murid lebih serius dan aktif saat
pembelajaran, hal ini bisa di lihat di data data siklus I dan siklus II, jadi penerapan metode index
card macth sangat efektif di gunakan saat pembelajaran
Tidak tersedia versi lain