PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Akselerasi (Percepatan) Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Kitab Nubdzatul Bayan Pada Santri Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang

Miftahul Jennah Rosifa Dewi - Nama Orang;

Kata Kunci: Metode Akselarasi, Pembelajaran Kitab Kuning, Nubdzatul Bayân, Pondok Pesantren
Upaya peningkatan kualitas pendidikan selalu dilakukan, baik secara konvensional maupun secara inovatif. Untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan diperlukan penyempurnaaan dan peningkatan proses belajar mengajar. Upaya tersebut salah satu yang diterapkan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam ialah dengan penerapan program akselerasi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien. Penerapan metode akselerasi (percepatan) pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan sudah menjadi program di pondok untuk mencerdakan santri agar lebih cepat dalam membaca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan dengan sempurna.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dalam skripsi ini ada tiga fokus masalah yang menjadi kajian pokok, yaitu pertama, bagaimana penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang. Ketiga, bagaimana Tingkat Keberhasilan Dalam Penerapan Metode Akselerasi (Percepatan) Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Kitab Nubdzatul Bayan pada Santri Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang.
Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh, jajaran pengurus, ustadzah, dan santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang, dilaksanakan 3 kali tatap muka dalam sehari dan menggunakan 5 metode yang cocok untuk pesantren yaitu metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, menghafal dan bernyanyi. Kedua, faktor pendukungnya adalah penggunaan media visual dan keterampilan guru dalam mengajar dan juga faktor penghambatnya ialah lingkungan dan minat belajar siswa. Ketiga, mengukur tingkat keberhasilan dalam penerapan metode akselerasi (percepatan) pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan yalitu dengaln diwisudalnyal salntri yalng sudalh malhir dallalm membalcal kitalb kuning.

Kata Kunci: Metode Akselarasi, Pembelajaran Kitab Kuning, Nubdzatul Bayân, Pondok Pesantren
Upaya peningkatan kualitas pendidikan selalu dilakukan, baik secara konvensional maupun secara inovatif. Untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan diperlukan penyempurnaaan dan peningkatan proses belajar mengajar. Upaya tersebut salah satu yang diterapkan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam ialah dengan penerapan program akselerasi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien. Penerapan metode akselerasi (percepatan) pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan sudah menjadi program di pondok untuk mencerdakan santri agar lebih cepat dalam membaca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan dengan sempurna.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dalam skripsi ini ada tiga fokus masalah yang menjadi kajian pokok, yaitu pertama, bagaimana penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang. Ketiga, bagaimana Tingkat Keberhasilan Dalam Penerapan Metode Akselerasi (Percepatan) Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Kitab Nubdzatul Bayan pada Santri Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang.
Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh, jajaran pengurus, ustadzah, dan santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang, dilaksanakan 3 kali tatap muka dalam sehari dan menggunakan 5 metode yang cocok untuk pesantren yaitu metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, menghafal dan bernyanyi. Kedua, faktor pendukungnya adalah penggunaan media visual dan keterampilan guru dalam mengajar dan juga faktor penghambatnya ialah lingkungan dan minat belajar siswa. Ketiga, mengukur tingkat keberhasilan dalam penerapan metode akselerasi (percepatan) pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan yalitu dengaln diwisudalnyal salntri yalng sudalh malhir dallalm membalcal kitalb kuning.

Kata Kunci: Metode Akselarasi, Pembelajaran Kitab Kuning, Nubdzatul Bayân, Pondok Pesantren
Upaya peningkatan kualitas pendidikan selalu dilakukan, baik secara konvensional maupun secara inovatif. Untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan diperlukan penyempurnaaan dan peningkatan proses belajar mengajar. Upaya tersebut salah satu yang diterapkan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam ialah dengan penerapan program akselerasi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien. Penerapan metode akselerasi (percepatan) pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan sudah menjadi program di pondok untuk mencerdakan santri agar lebih cepat dalam membaca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan dengan sempurna.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dalam skripsi ini ada tiga fokus masalah yang menjadi kajian pokok, yaitu pertama, bagaimana penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang. Ketiga, bagaimana Tingkat Keberhasilan Dalam Penerapan Metode Akselerasi (Percepatan) Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Kitab Nubdzatul Bayan pada Santri Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang.
Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh, jajaran pengurus, ustadzah, dan santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang, dilaksanakan 3 kali tatap muka dalam sehari dan menggunakan 5 metode yang cocok untuk pesantren yaitu metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, menghafal dan bernyanyi. Kedua, faktor pendukungnya adalah penggunaan media visual dan keterampilan guru dalam mengajar dan juga faktor penghambatnya ialah lingkungan dan minat belajar siswa. Ketiga, mengukur tingkat keberhasilan dalam penerapan metode akselerasi (percepatan) pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan yalitu dengaln diwisudalnyal salntri yalng sudalh malhir dallalm membalcal kitalb kuning.

Kata Kunci: Metode Akselarasi, Pembelajaran Kitab Kuning, Nubdzatul Bayân, Pondok Pesantren
Upaya peningkatan kualitas pendidikan selalu dilakukan, baik secara konvensional maupun secara inovatif. Untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan diperlukan penyempurnaaan dan peningkatan proses belajar mengajar. Upaya tersebut salah satu yang diterapkan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam ialah dengan penerapan program akselerasi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien. Penerapan metode akselerasi (percepatan) pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan sudah menjadi program di pondok untuk mencerdakan santri agar lebih cepat dalam membaca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan dengan sempurna.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dalam skripsi ini ada tiga fokus masalah yang menjadi kajian pokok, yaitu pertama, bagaimana penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang. Ketiga, bagaimana Tingkat Keberhasilan Dalam Penerapan Metode Akselerasi (Percepatan) Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Kitab Nubdzatul Bayan pada Santri Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang.
Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh, jajaran pengurus, ustadzah, dan santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang, dilaksanakan 3 kali tatap muka dalam sehari dan menggunakan 5 metode yang cocok untuk pesantren yaitu metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, menghafal dan bernyanyi. Kedua, faktor pendukungnya adalah penggunaan media visual dan keterampilan guru dalam mengajar dan juga faktor penghambatnya ialah lingkungan dan minat belajar siswa. Ketiga, mengukur tingkat keberhasilan dalam penerapan metode akselerasi (percepatan) pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan yalitu dengaln diwisudalnyal salntri yalng sudalh malhir dallalm membalcal kitalb kuning.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112022005 MIF P
112022005
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112022005 MIF P
Penerbit
Pamekasan : IAN MADURA., 2022
Deskripsi Fisik
Xiii+120 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112022005
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2022
Info Detail Spesifik
005
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?