PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Meningkatkan Perkembangan Artikulasi Bahasa Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Nor Anizah - Nama Orang;

Kata kunci : Bermain Peran, Anak Usia Dini, Artikulasi Bahasa
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan artikulasi
bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran di RA
Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini dilakukan karena artikulasi bahasa
anak masih kurang lancar dan kurang tepat hal ini disebabkan oleh beberapa
faktor yang terdapat dalam diri anak dan metode permain peran di kelompok
A belum di lakukan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana upaya guru
meningatkan perkembangan artikulasi bahasa anak dengan menggunakan
metode bermain peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan
Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kedua, apa saja manfaat dari
upaya meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini dengan
menggunakan metode bermain peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam
Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Ketiga, apa
saja faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan perkembangan
artikulasi bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran
diRA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
secara kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Suharsimi
Arikunto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A di RA
Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 siswa dan
7 siswi. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan artikulasi
bahasa dengan menggunakan metode bermain peran. Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah lembar observasi anak. Untuk teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan nilai persentase yang dicapai anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru dalam
meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini di RA
Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan yaitu dengan memberi motivasi pada anak yang
bermasalah dalam pengartikulasian bahasa, melatih membimbing anak
dengan telatin. Kedua, manfaat dari meningkatkan perkembangan artikulasi
bahasa anak usia dini di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan
Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu anak mampu
mengungkapkan bahasanya dengan tepat dan dapat difahami oleh orang lain.
Ketiga, faktor pendukung dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak
usia dini yaitu dengan strategi guru dalam merencanakan kegiatan bermain
peran, ketersediaan media, dan kerjasama antara guru wali kelas dan peneliti,
sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan perkembangan artikulasi
bahasa anak usia dini yaitu tidak meningkatnya pada tindakan siklus I
sehingga peneliti melanjutkan pada tindakan siklus ke II karena anak kurang
fokus ketika guru menjelaskan dan sibuk berbicara dengan temannya. Metode
bermain peran dapat meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak
kelompok A RA Muslimat NU Nurud Dholam Pamekasan. Peningkatan ini
dapat di lihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Hasil
peningkatan pada siklus I mencapai 49,17% dan pada siklus II meningkat
menjadi 68,58%


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 162022005 NOR U
162022005
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
162022005 NOR U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2022
Deskripsi Fisik
xv+74, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
162022005
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
SKRIPSI PIAUD 2022
Info Detail Spesifik
005
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?