PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Role Playing Guna Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Bungbaruh 2 Kadur Pamekasan,

MAULANA MOHAMMAD FAHMID - Nama Orang;

Kata Kunci: Metode Role Playing, Kemampuan Berkomunikasi
Model role playing adalah cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui
pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Permaianan ini pada umumnya
dilakukan lebih dari satu orang, bergantung pada apa yang diperankan. Role
playing merupakan suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk terlibat
langsung dalam pembelajaran, penguasaan bahan pelajaran berdasarkan pada
kreatifitas serta ekspresi siswa dalam meluapkan imajinasinya terkait dengan
bahan pelajaran yang ia dalami tanpa adanya keterbatasan kata dan gerak, namun
tidak keluar dari bahan ajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana penerapan metode role
playing pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
komunikasi siswa kelas V SDN Bungbaruh 2 Kadur Pamekasan?, kedua,
Bagaimana hasil penerapan metode role playing pada pembelajaran bahasa
Indonesia dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas V SDN
Bungbaruh 2 Kadur Pamekasan.?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SDN Bungbaruh 2 Kadur Pamekasan yang
berjumlah 24 siswa. Model penelitian ini menggunakan PTK model kemmis dan
Mc Taggart. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus
terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan
data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama,
penggunaan metode role playing sangat tepat sekali diterapkan pada pembelajaran
bahasa Indonesia, karena metode role playing merupakan suatu metode yang
mana siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Kelebihan metode ini
adalah seluruh siswa dapat berpartisipasi dan mempunyai kesempatan untuk
menguji kemampuannya dalam bekerja sama. Kedua, Kemampuan berkomunikasi
siswa kelas V SDN Bungbaruh 2 Kadur Pamekasan sebelum penerapan metode
role playing berada pada posisi rendah dengan nilai 348 rata-rata 58,17%. Setelah
penerapan metode role playing, pada siklus I naik menjadi 421 rata-rata 69,83%
kategori sedang dan siklus II naik lagi menjadi 464 rata-rata 77,33% kategori
tinggi


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152021051 MAU P
152021051
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152021051 MAU P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xi+96 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152021051
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemampuan Berbicara
SKRIPSI PGMI 2021
Info Detail Spesifik
051
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?