PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Kepemimpinan Kyai Dalam Pengembangan Pendidikan Modern di Pesantren Salaf Al-Hasan Tengginah Proppo Pamekasan.

ADIB HIDAYAT - Nama Orang;

Kata Kunci: Kepemimpinan Kyai, Pendidikan Modern, Pesantren Salaf
Dilihat dari tradisi keilmuannya pesantren sebagai salah satu institusi pendidikan
yang memilki keunggulan. Sebagai institusi pendidikan pesantren juga berperan
sebagai pemberdaya (empowerment) dan transformasi (civil society) secara efektif.
Untuk tetap survive pesantren sebagai lembaga pendidikan yang ideal untuk
masyarakat dituntut untuk melakukan perubahan kearah lebih baik dan sesuai
zamannya. Dengan memodernisasi disegala aspek yang ada terkhusus dalam bidang
pendidikan pesantren diharap mampu bersaing dengan lembaga lainnya. Kyai sebagai
pimpinan pondok pesantren juga mempunyai peran penting dalam menentukan ke arah
mana tujuan dalam pengembangan pendidikan di dalam pesantren. Kondisi ini terjadi
pada pesantren salaf Al-Hasan Tengginah Proppo Pamekasan yang mengembangkan
pendidikannya ke arah modern.Dalam penelitian tesis ini untuk menjawab fokus
masalah (reserach question) dengan mengeanalisis dan mengungkapkan gaya
kepemimpinan kyai dalam pengembangan pendidikan modern di pesantren salaf AlHasan Tengginah Proppo Pamekasan, faktor pendukung dan penghambat dalam
pengembangan pendidikan modern di pesantren salaf Al-Hasan Tengginah Proppo
Pamekasan, tahapan yang dilakukan kyai dalam upaya pengembangan pendidikan
modern di pondok pesantren Al-Hasan Tengginah Proppo Pamekasan dan implikasi
kepemimpinan yang diterapkan dalam mengembangkan pendidikan modern di pondok
pesantren Al-Hasan Tengginah Proppo Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus
dengan mengambil kasus tunggal, pengumpulan datanya menggunakan tekhnik
wawancara semi-terstruktur, observasi partisipan, dokumentasi. Informan diambil
teknik puposive. Wujud data adalah kata-kata, catatan, laporan dan dokumen yang
diperoleh dari pengasuh pesantren, para asatidz dan guru kemudian murid (santri) dan
beberapa alumni pondok pesantren Al-Hasan Tengginah Proppo Pamekasan. Teknik
analisis data dimulai dengan cara: Reduksi data, Penyajian dan Penarikan kesimpulan.
Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan: 1) Kredibilitas, 2)
Triangulasi data, 3) Pengecekan anggota 4) Diskusi teman sejawat.
Adapun hasil dari penelitian tesis ini sebagai berikut: (1) Kepemimpinan Kyai
yang diterapkan dalam mengembangkan pendidikan modern di pondok pesantren AlHasan Tengginah Proppo Pamekasan yaitu kepemimpinan tunggal kyai dengan model
otoriter-karismatik, (2) Faktor pendukung dalam pengembangan pendidikan modern di xv
pondok pesantren Al-Hasan Tengginah Proppo Pamekasan yaitu diantaranya: a)
Adanya peran aktif dari pengasuh pesantren b) Dukungan dari keluarga besar Pesantren
c) Biaya Pendidikan Terjangakau. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a)
Manajemen sekolah kurang tertata dengan baik b) Sarana dan prasarana kurang
memadai c) Kurangnya dukungan dari masayarakat dan pengasuh pesantren lain yang
ada di daerah tersebut, (3) Tahapan yang dilakukan kyai dalam upaya pengembangan
pendidikan modern di pondok pesantren Al-Hasan Tengginah Proppo Pamekasan yaitu
dengan a) Peningkatan pengembangan lembaga internal b) Melakukan pengembangan
sarana dan prasarana c) Menjalin kerja sama antar lembaga, (4) Implikasi
kepemimpinan yang diterapkan dalam mengembangkan pendidikan modern di pondok
pesantren Al-Hasan Tengginah Proppo Pamekasan adalah Masyarakat sudah mulai
menyadari akan pentingnya pendidikan sekolah dibuktikan terus meningkatnya jumlah
santri tiap tahunnya dan yang awalnya salaf murni sekrang menjadi pesantren modern
yang mampu mencetak para santri berwawasan luas dan menghasilkan alumni-alumni
yang mapan dan mempunyai keterampilan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 112021081S2 ADI K
112021081S2
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112021081S2 ADI K
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xvii+124, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112021081S2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
KEPEMIMPINAN KIAI
TESIS PAI 2021
Info Detail Spesifik
081S2
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?