PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Sabilul Ihsan Jalmak Pamekasan,

SUPANDI - Nama Orang;

Kata Kunci: Keaktifan siswa, model pembelajaran cooperative learning, metode
sosiodrama.
Keaktifan siswa sangat penting dalam sebuah pembelajaran, terkadang
kekatifan siswa sangat dipengaruhi bagaimana cara guru dalam menerapkan model
pembelajaran, seperti halnya model pembelajaran cooperative learning dengan
menggunakan metode sosiodrama ini, hal ini sangat efektif untuk diterapkan dalam
rangka meningkatkan kekatifan siswa di dalam kelas.
Fokus penelitian ini adala: Pertama bagaimana penerapan model
pembelajaran Cooperative Learning dengan metode sosiodrama untuk
meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah SMP Sabilul
Ihsan Jalmak Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung
peningkatan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan metode
sosiodrama untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di
sekolah SMP Sabilul Ihsan Jalmak Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi
dari beberapa informan seperti guru dan siswa, sedangkan untuk pengecekan dan
kekuatan pengamatan memalui triangulasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu model pembelajaran cooperative learning dengan
menggunakan metode sosiodrama ini, memang benar-benar baik untuk diterapkan
karena memang bisa membuat keaktifan siswa semakin meningkat, adapun faktor
penghambat dari penerapan metode ini yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang
ada disekolah seperti media pembelajaran, faktor pendukungnya yaitu, guru selalu
antusias dalam menjelaskan bagaimana cara mendramakan peran dengan baik,
dan guru selalu memberikan hadia bagi setiap peserta didik yang bisa
memerankan perannya dengan baik


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021061 SUP P
182021061
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021061 SUP P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
x+75, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021061
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Siswa Aktif
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
061
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?